SafelinkU | Shorten your link and earn money

Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya

iBlogger.id - Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya - Bagi para blogger yang memfokuskan penghasilannya dari Google Adsense tentu tau bahwa saat ini laporan pendapatan Adsense semakin terperinci, yaitu nilai lalu lintas tidak valid AdSense untuk kontent, yang nantinya akan memotong pendapatan total yang telah didapatkan dari Google Adsense. Laporan ini sudah lebih dari setahun diluncurkan, tepatnya resmi diumumkan di blog resmi Adsense pada 22 juni 2015.

Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya

Adsense menyatakan bahwa laporan pendapatan Publisher Google Adsense untuk saat ini akan sedikit berbeda dengan sebelumnya, di laporan pendapatan adsense yang sekarang akan terlihat nilai potongan yang secara otomatis mengurangi jumlah saldo pendapatan adsense apabila ditemuka aktivitas tidak valid pada iklan google adsense yang dipasang di blog publisher. Teman teman yang menggunakan google adsense tentu akan menemui pelaporan tersebut.

Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya

Kamu mungkin pernah mengalami hal yang sama seperti gambar diatas, total penghasilan adsense yang diperoleh akan dikurangi dengan nilai invalid trafic- adsense for content.


Sebab Lalu Lintas Tidak Valid
Lalu dari manakah nilai lalulintas tidak valid tersebut dihitung? menurut keterangan dari pihak Google Adsense, nilai potongan tersebut bisa muncul karena banyaknya aktivitas yang tidak valid (Invalid activity).

Beberapa tindakan yang bisa menyebabkan invalid activity pada Google Adsense antara lain:

1. Tidak Sengaja Mengklik Iklan Sendiri
Terkadang kita pasti tak sengaja mengklik iklan adsense, dan adsense masih bisa memakluminya. Namun berbeda jika kita mencoba mengklik iklan sendiri secara sengaja, jika kita terdeteksi melakukan hal tersebut bisa berakibat banned. Tapi jika klik kita dianggap sebagai klik yang tidak sengaja, kemungkinan besar nilai klik tersebut tidak akan diakui dan akan dianggap sebagai nilai invalid activity yang bisa mengurangi penghasilan Google Adsense kita.

2. Software tipuan (Bot) yang melakukan klik iklan otomatis
Banyakcara melakukan kecurangan dalam google adsense, tapi apapun bentuk kecurangannya Google sudah bisa mengantisipasinya. Salah satu bentuk kecurangan yang mungkin terjadi yaitu menggunakan software yang bertindak seolah olah sebagai visitor blog kita kemudian melakukan klik iklan di blog kita otomatis. Apabila terjadi seperti itu tentu saja klik iklan adsense tersebut dianggap invalid activity. dan nilai klik akan dikembalikan kepada pengiklan.

3. Adanya Bom-Click
Bom klik bisa terjadi pada iklan adsense kita dan mungkin dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bom klik adalah aktivitas klik terus-menerus dalam jumlah yang sangat banyak. Sebenarnya aktivitas bom click ini bisa merugikan publisher dan advertiser, namun adsense saat ini sudah bisa mengantisipasinya dengan sistem smart pricing.  ( baca Mengenal Smart Pricing Google Adsense, Dampak Serta Cara Mengatasinya ) Klik tersebut akan dianggap invalid activity yang akan mengurangi pendapatan google adsense kita.

4. Kita Terindikasi Menyuruh Orang Lain untuk Mengklik Iklan
Kita bisa dianggap menyuruh orang lain untuk mengklik iklan kita karena terlalu banyaknya share di media sosial secara manual sehingga mendatangkan banyak visitor yang berasal dari media sosial. Visitor non organik (visitor bukan berasal dari pencarian google) yang melakukan klik iklan, terkadang klik tersebut dideteksi sebegai invalid activity. Google bisa beranggapan bahwa kita menyuruh untuk mengklik iklan kepada orang lain, sehingga nilai klik tidak akan dihitung sebagai pendapatan dan nilai klik tersebut malah justru mengurangi pendapatan adsense yang kita peroleh.

5. Klik Tidak Sengaja yang dilakukan Visitors
Nilai klik pada iklan akan terhitung jika yang mengklik iklan tersebut benar-benar berminat dengan iklan yang dikliknya. Namun ada kalanya iklan adsense tak sengaja diklik oleh visitors. Google memiliki teknologi yang sangat profsional yang bisa mendeteksi sebuah klik apakah benar-benar klik yang disengaja atau accidental click (click tidak diharapkan).

Bisa saja terjadi saat visitors mengklik iklan dan sebelum halaman iklan tampil sempurna, visitors sudah menekan tombol back pada browser. Hal seperti itu bisa dinilai oleh Google bahwa klik tersebut sebagai sebagai invalid click, sehingga nilai klik yang terdeteksi dianggap accidental click yang bisa mengurangi penghasilan Google Adsense keseluruhan.


Cara Mengatasi Lalu Invalid Traffic
Telah disebutkan di atas bahwa Google menilai invalid traffic dari invalid activity. Untuk mengatasi timbulnya lalu invalid traffic maka kita sebagai publisher harus bisa mengatasi hal-hal yang bisa terjadinya invalid activity, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hindari mengklik iklan sendiri
Terjadinya klik iklan sendiri terkadang tak dapat dihindari dan untuk masalah satu ini masih bisa dimaklumi oleh Google. Tapi sebaiknya sebisa mungkin menghindari klik iklan sendiri, jangan sampai terlalu sering terjadi. Kalau keseringan, Google bisa menganggapnya sebagai tindakan klik iklan sendiri yang disengaja, dan akun bisa dibanned.

Untuk itu kita bisa instal plugin adblockplus pada browser, sehingga iklan adsense tidak muncul di blog, atau bisa juga dengan memasang google publisher plugin for browser google chrome, sehingga iklan adsense akan dilindungi oleh slaput khusus yang membuat iklan tidak dapat diklik di browser yang sedang kita gunakan.

2. Hati-hati Desain Menu Drop Down melayang
Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya

Jika template yang digunakan memiliki menu dropdown, sebaiknya sedikit berhati hati dengan dropdown menu yang melayang. Jika kebetulan memasang iklan adsense di bawah menu, saat menu dropdown disorot maka popup menu bisa menutupi iklan adsense yang kita pasang dan ini bisa menyebabkan iklan ter-klik secara tidak disengaja oleh kita sendiri ataupun oleh visitors blog.

3. Sumber trafik yang tidak benar
Cara untuk meningkatkan trafik banyak sekali, namun khusus untuk blog dengan iklan adsense sebaiknya trafik berasal dari search engine (trafik organik), berikut beberapa trafik yang bisa menyebabkan trafik tidak valid:
  • Menempatkan url blog adsense di pesan email
  • menempatkan url blog di pesan chating
  • Share url postingan di beberapa social media secara manual
Jika kamu melakukan hal-hal diatas, bisa jadi kamu dianggap meminta orang lain untuk datang ke blog mu untuk mengklik iklan adsense yang kamu pasang.

4. Hati- hati dengan penempatan iklan
Jangan menempatkan iklan adsense terlalu dekat dengan hal-hal yang bisa diklik karena (link atau tombol, atau tulisan dengan perintah untuk klik), bisa saja karena terlalu rapat, visitors yang maksudnya mau mengklik tulisan/link malah ternyata iklan yang diklik, sehingga akan timbul klik yang tidak valid dan ini bisa menimbulkan invalid activity. Kesalahan pemasangan iklan yang dapat menimbulkan klik yang tidak disengaja bukan hanya bisa menyebabkan invalid activity tapi bisa saja dianggap menyalahi kebijakan google adsense dan bisa berujung banned.

Apakah ada efek buruk untuk Akun Google AdSense?
Sebenarnya untuk pemotongan pendapatan adsense dari dulu sudah pasti ada, namun bedanya dulu tidak dilaporkan, sekarang laporan nilai potongan disertakan sehingga adsense bisa lebih transparan kepada para publishernya. Lantas apa yang terjadi jika sering menerima laporan lalu lintas tidak valid google adsense?

Adsense mempunyai parameter tersendiri dalam menindak tegas publishernya yang nakal, khusus laporan untuk invalid traffic saat ini adalah normal hanya menginformasikan secara transfaran kepada publishernya bahwa pendapatannya ada potongan. Jadi tidak akan terjadi apa-apa pada akun google adsense ada selama kita tidak melakukan hal-hal yang melanggar TOS Google Adsense. Semakin sedikit nilai invalid traffic yang kita peroleh maka itu lebih baik terutama untuk google adsense dan untuk kita sebagai publishernya.

Google memang sangat ketat, hal ini supaya terbangun kepercayaan bahwa Google Adsense adalah media periklanan yang efektif. Setelah mengetahui Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya semoga bisa menambah wawasan supaya bisa lebih baik lagi dalam mengelolaakun google adsense. 
Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya Penyebab Invalid Traffic Google Adsense dan Cara Mengatasinya Reviewed by admin69 on Desember 03, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.