SafelinkU | Shorten your link and earn money

2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017

iBlogger.id - 2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017 - Blog yang melibatkan SEO akan jauhlebih mudah dalam mendapatkan visitors dari search engine. Baik itu SEO on page maupun SEO off page. Namun tidak ada teknik yang baku dalam mengoptimasi SEO, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan eksperimen sendiri dan terus mencoba melalui pendekatan google faktor, dengan begitu kita akan menemukan cara yang sesuai dengan blog kita.

2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017

Seperti yang kita ketahui bahwa Google kerap meng-update algoritma pencariannya dan tentu hal ini membuat teknik SEO yang dilakukan pun selalu berubah-ubah. Pembaharuan algoritma tersebut bertujuan untuk meningkatkan relevansi informasi yang dicari pengunjung dengan hasil pencarian yang dihasilkan (SERP).

Maka dari itu ketika teknik SEO tahun 2015 diterapkan di tahun 2016, tidak akan memberikan hasil yang baik karena SEO berubah mengikuti perubahan yang search engine lakukan.

2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017

Bagi para blogger yang cukup peduli akan manfaatnya SEO, tentu selalu ingin mendaoatkan informasi terbaru mengenai perkembangan dari search engine sehingga bisa menyesuaikan untuk optimasi SEO pada blog supaya konten blog tidak menurun posisi SERP nya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya bisa terus mendapatkan informasi terbaru mengenai SEO yaitu dengan sering membaca blog yang memang khusus membahas dunia SEO. Banyak referensi yang bisa kta baca, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Supaya lebih mudah mendapatkan informasi dari blog tersebut ada baiknya kita menjadi subcriber. 

Kabar terbaru dari google tentang Faktor seo yang paling penting 2017

Seperti yang kita ketahui bahwa ada dikenal istilah 200+ google ranking faktor, itu merupakan faktor-faktor apa saja untuk menentukan pantas tidaknya konten blog kita untuk mendapatkan posisi terbaik di SERP Google.

Kabar tentang seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2017 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling mendominasi untuk menentukan peringkat blog di SERP Google.

Kategori #1
Link dan Konten merupakan faktor ke #1 dan ke #2 yang paling menentukan peringkat situs di hasil pencarian

Nah ternyata jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan posisi terbaik di SERP Google. Maka dari itu kita harus selalu berusaha membangun backlink secara berkala.

Pengaruh link terhadap posisi konten pada SERP sangat dipengaruhi oleh beberapa berikut ini:

a.  Jumlah backlink
Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.

b. Anchor text yang digunakan pada backlink tersebut
Gunakan anchor text yang bervariasi namun relevan sehingga terlihat natural. Anchor text yang bervariasi artinya tidak membuat anchor text menggunakan keyword yang di target tapi menggunakan anchor text yang masih memiliki relevansi dengan keyword utama. 

c. Otoritas situs dari sumber backlink
Otoritas adalah kepercayaan situs sumber backlink di mata search engine, situs yang mempunyai reputasi baik (bukan situs yang dianggap negatif), maka bisa dipastikan backlink yang didapat merupakan backlink yang berkualitas dan benar-benar memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan posisi konten pada SERP


Kategori #2
Google sudah resmi memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) pada algoritma terbarunya

Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa saat ini google telah memasukan google ranking faktor baru menjadi bagian dari 200+ google ranking faktor yang paling mendominasi dan paling berpengaruh untuk menentukan kelayakan suatu konten muncul di posisi terbaik pada SERP teratas, dua faktor tersebut yaitu User CTR dan User Experince (UX).

Apa itu User CTR?
User CTR adalah User (Click Trought Rate),  merupakan nilai persentase seberapa banyak visitors melakukan klik pada judul konten blog kita ketika mereka menemukan konten blog kita di hasil pencarian google. Semakin besar persentase nilai ctr judul konten blog, itu artinya judul konten yang disajikan sangat berkualitas.

2 Kelompok Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017


Untuk melihat nilai CTR konten blog kita, caranya masuk ke google search console atau google webmaster tool blog kita, lalu menuju menu lalulintas penelusuran > Telusuri Analitic, terlihat seperti gambar dibawah ini:



Nantinya kita bisa melihat data queri penelusuran untuk blog tersebut dan akan terlihat informasi keyword yang digunakan oleh pengguna search engine untuk menemukan konten blog kita. Ada banyak sekali informasi terkait konten blog kita dan juga informasi jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog kita yang ditemukan jika persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.

Tahukah kamu???
Ketika blog kita memiliki konten berkualitas dan dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama pada hasil pencarian, Google sebenarnya melakukan A/B test pada konten kita yang berhasil muncul pada hasil pencarian search engine.

Saat Google menjalankan tes pada konten kita, maka pada satu saat konten kita akan muncul di halaman pertama dan mungkin di posisi pertama atau kedua. Saat konten tersebut muncul di posisi pertama namun tak ada pengguna yang mengklik judul konten blog kita, maka konten kita akan dianggap kurang baik. Pada akhirnya itu bisa memberikan sinyal kepada google bahwa konten yang kita buat kurang berkualitas.

Itu sudah cukup memberitahukan kepada serach engine Google bahwa konten kita kurang berkualitas dan kurang informatif. Efeknya lambat laun konten tersebut akan tenggelam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik. Fenomena ini seperti Google Honeymoon Period ( baca Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog)

Kesimpulan yang bisa kita peroleh adalah, nilai CTR akan sangat memiliki dampak yang signifikan sekali apabila dikolaborasikan dengan penyajian konten yang berkualitas. Di samping judul konten blog yang kita buat sering mendapatkan klik dari pengunjung dan konten yang kita buat informatif serta benar-benar berkualitas itu sudah cukup memberikan informasi kepada Google bahwa konten kita adalah konten yang berkualitas dan pantas untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian google.


#Apa yang harus kita lakukan?
Tentu saja yang harus kita lakukan yaitu membuat judul konten yang unik dan semenarik mungkin supaya bisa mendapatan perhatian pengguna search engine dan membuat mereka penasaran untuk mengunjungi blog kita. Di samping itu kita juga harus mampu membuat konten yang benar-benar relevan dan berkualitas sesuai judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog merasa puas dengan konten yang kita buat.

Lantas apa itu User Experience (UX)?


UX ini jauh-jauh hari sudah diprediksi akan menjadi menjadi salah satu google ranking faktor dan memang terbukti saat ini UX sudah menjadi bagian dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.

Apa artinya?
Hal ini berarti Google menang berniat memberikan hasil pencarian yang informatif dan relevan kepada pengguna internet.

Beberapa tahun yang lalu kita bisa menemukan banyak sekali blog yang bermunculan di hasil pencarian dengan isi yang tidak relevan sama sekali bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten mampu bersaing di posisi terbaik).

Tapi seiring waktu Google terus menyempurnakan algoritmanya agar mampu menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna sebagai pencari informasi.

Google memberlakukan User experince untuk memberikan signal bahwa konten yang dimaksud merupakan konten yang memang memberikan informasi yang sangat berguna dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.

Apabila visitors betak di blog kita karena membaca konten yang kita sajikan, hal itu sudah cukup memberikan sinyal kepada Google bahwa konten di blog kita cukup berkualitas. 

Demikian 2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar ya
2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017 2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017 Reviewed by admin69 on Maret 17, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.