SafelinkU | Shorten your link and earn money

2 Trik Mengcopy Teks dari PDF yang Diproteksi

iBlogger.id - 2 Trik Mengcopy Teks dari PDF yang Diproteksi - Apakah kamu sedang mengerjakan skripsi? Pastinya sering melakukan pengutipan dari jurnal orang lain kan. Nah tentu kamu pernah menemukan file PDF yang hendak kamu salin, tapi tidak bisa. File PDF itu tentu sudah diproteksi oleh si penulisnya. Bahkan selain tidak bisa dicopas, file tersebut juga terkadang tidak bisa di-print. 

Paling kalau udah kepepet diketik sendiri, atau kalo niat yaa harus buka proteksinya dengan cara tertentu supaya teks di PDF itu bisa disalin dan diprint. 

PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format yang diciptakan oleh Adobe Systems tahun 1993 yang tujuannya untuk mempermudah pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi (sumber: wikipedia)

2 Trik Mengcopy Teks dari PDF yang Diproteksi

Alasan kekayaan hak intelektual dan mencegah pelanggaran hak cipta lainnya, terkadang file PDF sengaja diproteksi oleh si pembuat sehingga file tersebut hanya bisa dibaca tapi tidak bisa di-copas bahkan diprint. File PDF yang diproteksi biasanya pada title windowsnya ada tambahan tulisan [SECURED]. Tulisan itu artinya file sudah dilengkapi dengan proteksi, tidak bisa dicopas bahkan di-print. 

Memang tidak ada salahnya bila dokumen tersebut hanya untuk dibaca saja, berdeda jika ada hal lainnya seperti untuk disalin sebagian isinya dipindahkan ke dokumen di microsoft word, tentu akan menemukan kesulitan

Untuk membuka proteksi dari file PDF tersebut, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Simak yaa 


#1: Menggunakan Tool unlock-pdf
Trik yang pertama yaitu dengan menggunakan unlock-pdf. Tool ini online, kamu bisa mengaksesnya di http://www.unlock-pdf.com/


Situs tersebut menyediakan layanan bantuan untuk membuka proteksi file pdf. Caranya cukup mudah. Tinggal buka http://www.unlock-pdf.com/ kemudian pilih file yang akan di-unlock yang ada di laptop atau pc mu.

Kemudian tekan tombol unlock, apabila proses sudah selesai maka file yang sudah di-unlock akan didownload secara otomatis. 


#2 : Menggunakan tool Online PDFUnlock
Mirip dengan unlock-pdf.com , yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk membuka file pdf yang terkunci.

Kamu bisa mengunjungi https://www.pdfunlock.com/


Pilih file pdf yang ingin kamu unlock bisa dari dropbox, google drive atau dari komputer, silahkan pilih mycomputer jika file pdf yang ingin dibuka proteksinya ada di komputer.

Kemudian tekan tombol unlock, tunggu prosesnya beberapa saat hingga proses unlock selesai. Jika sudah selesai maka akan muncul kotak dialog untuk mendownload file pdf yang sudah diunlock.


Perlu diketahui bahwa proses unlock sangat dipengaruhi oleh jaringan internet dan juga besar kecilnya kapasitas file PDF. Proses unlock akan semakin lama apabila besar file semakin besar. 

Cukup mudah bukan untuk membuka proteksi yang ada di file pdf. Perlu diketahui juga bahwa alasan mengapa file tersebut diproteksi karena untuk melindungi hak cipta. Untuk itu jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumber tulisan yang hendak disalin. 😀
2 Trik Mengcopy Teks dari PDF yang Diproteksi 2 Trik Mengcopy Teks dari PDF yang Diproteksi Reviewed by admin69 on Maret 03, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.