SafelinkU | Shorten your link and earn money

Resiko Penipuan Domain TLD Murah yang Berakibat Suspend

iBlogger.id - Domain TLD atau Top Level Domain merupakan salah satu elemen yang penting dalam mengembangkan blog. Manfaat menggunakan domain TLD yaitu alamat blog kita mudah diingat dan memiliki branding tersendiri. Para blogger banyak yang menggunakan nama unik untuk domainnya supaya terkesan khas. Tapi ada juga yang asal asalan memilih nama domain TLD nya. 

Resiko Penipuan Domain TLD Murah Via Pulsa yang Berakibat Suspend



Saat ini marak sekali metode yang digunakan untuk membeli domain, ada yang melalui bank, melalui pulsa hingga dengan cara melakukan barter. Bahkan di forum forum saya sering menemukan mereka yang menjual domain dengan harga miring dan metode pembayaran via pulsa. Saya sendiri pernah menemukan seseorang menjual domain TLD .com seharga 30.000 saja, padahal saya sendiri menyewa domain dengan harga 140.000 per tahun namun itu legal. 

Lalu mengapa harga yang ditawarkan orang tersebut bisa jauh lebih murah dari penyedia domain pada umumnya ??

Hal itu dikarenakan, bahwa domain murah tersebut adalah hasil carding. Biasanya domain yang berasal dari carding tidak akan bertahan lama dan tak bisa diperpanjang. Mungkin kamu yang membeli domain melalui seller dengan harga mirig mulai cemas ;)
Biasanya saat kamu membeli domain murah via pulsa, ada syaratnya yaitu hanya seller sendiri yang dapat mengontrol penuh domain yang kamu beli. Kemudian setelah 3-6 bulan berlalu bisa dipastikan domain tersebut akan error dan terkena suspend. 


Apa itu domain hasil carding ?
Karena seller melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Entah di web mana seller tersebut bertransaksi, namun mereka bertransaksi di web yang menerima pembayaran melalui kartu kredit tanpa harus scan kartu kredit. Nah web ini masuk ke dalam kategori WEB CARDABLE. 

Lalu dari mana mereka mendapatkan nomor seri dan data - data pada kartu kredit itu?, teknik inilah yang disebut carding, hanya para carder yang tau caranya (biasanya didapatkan dengan cara ilegal)

Lalu mengapa bisa terkena suspend ?
Ada waktu tersentu web server melakukan update, dan apabila ditemukan data yang aneh dan akun yang aneh, maka akun tersebut akan langsung disuspend. Wajar, karena seller menggunakan data kartu kredit yang ilegal

Nah untuk antisipasi , cobalah untuk meminta akun yang dipakai untuk mendaftakan domain itu kepada seller secara baik baik. Jika seller tidak merespon permintaanmu, bahkan seller itu memblock mu, sudah sangat dipastikan kamu sudah tertipu. Seller tersebut biasanya berasal dari seller Enom atau situs berbahaya lainnya. 

Kebanyakan saya melihat di forum facebook, korban dari domain hasil carding ini, hanya bertahan 3-6 bulan saja. Kemudian saat mengontak seller, korban sudah diblock oleh seller. 

Untuk itu kamu harus mengenali ciri ciri domain dari hasil carding atau domain palsu. 
Berikut ini ciri cirinya
1. Domain dijual dengan sangat murah, dan tidak masuk akal (bukan termasuk promo)
2. Apabila dicek di who.is , web server domainnya berasal dari web cardable. dan data seperti alamat web bukan berasal dari Indonesia
3. Seller biasanya melakukan prmosi dimana mana, dan tukang nyepam (coba perhatikan di grup)
4. Seller tidak memberikan kontrol penuh terhadap domain tersebut kepada pembeli
5. Domain diembel embeli dengan garansi
6. Pembayaran biasanya dimuadahkan, seperti melalui pulsa supaya dengan mudah menggaet pembeli

Cara mudah cek legalisasi domainmu
Untuk mengetahui apakah domain mu itu resmi atau hasil carding silahkan cek di http://whois.domaintools.com/

Apabila dihasil tersebut memberikan data informasi bahwa domain tersebut adalah atas namamu sendiri

Contohnya seperti ini

 Resiko Penipuan Domain TLD Murah Via Pulsa yang Berakibat Suspend Perbarui

Nah apabila dari hasil tidak ditemukan sama sekali mengenai dirimu, dipastikan domain tersebut didapatkan dengan cara yang ilegal

Berikut ini adalah tips memilih tempat membeli domain
1. Pastikan tempat kamu membeli domain jelas (alamat webnya, alamat kantornya, no telpon).
2. Harga yang ditawarkan rasional, dan hampir sama dengan tempat lain. Kalaupun berbeda paling cuma beda 2000-5000 aja.
3. Pastikan juga bahwa penyedia domain tersbeut sudah lama berdiri dan memiliki reputasi yang baik, kamu bisa cek testimoninya di internet.

Saya sendiri selama ini sudah berlangganan lebih dari 3 tahun di domainesia.com . Saya membeli domain domain .com tahun 2012 masih di harga 90.000an namun saat ini sudah 119.000. Juga saya pernah mendapat domain murah (tapi bukan hasil carding) domain .id seharga 13.000an aja. Domain .id murah karena memang sedang ada promo yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk menggiatkan penggunaan domain lokal.

Biasanya harga domain di pasaran berkisar seperti di tabel ini (klik gambar untuk memperbesar gambar)
Resiko Penipuan Domain TLD Murah Via Pulsa yang Berakibat Suspend


Nah itu sedikit ulasan mengenai Resiko Penipuan Domain TLD Murah Via Pulsa yang Berakibat Suspend. Jadi belilah domain di tempat resmi. Untuk yang masih baru baru membeli domain di seller abal abal, segera migrasi ke tempat resmi sebelum terkena suspend :)

Sekian dulu. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa meninggalkan komentar.
Resiko Penipuan Domain TLD Murah yang Berakibat Suspend Resiko Penipuan Domain TLD Murah yang Berakibat Suspend Reviewed by admin69 on April 30, 2017 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.