SafelinkU | Shorten your link and earn money

Keuntungan Blog yang Fokus Satu Topik

iBlogger.id - Keuntungan Blog yang Fokus Satu Topik - Memilih niche atau tema untuk blog sangat penting. Kita harus menentukan mau dibawa kemana blog itu ke depannya. Apakah hanya sekedar ngeblog, hobi, atau sebagai penghasil pundi pundi. Jika kamu berniat menjadikan blog sebuah penghasil uang maka lebih disarankan untuk focus pada 1 tema atau niche saja. 

Keuntungan Blog yang Fokus Satu Topik


Mengapa focus pada satu topik/tema?
Karena dengan menyuguhkan konten yang memiliki topik bahasan yang sama maka blog akan memiliki authority yang baik, berkualitas dan memiliki konsistensi yang baik dalam menyajikan konten yang disukai pembaca setianya. 

Bayangkan jika 1 blog menyajikan tema yang terlalu banyak dan cenderung ngga ada kaitannya, hari ini bikin konten tutorial ngeblog, besok bikin konten cara masak capcay, besoknya lagi bikin konten cara benerin motor, kan nggaa nyambung banget --"

Mengelola blog dengan 1 atau 2 tema yang masih berkaitan menurut saya masih relevan. Selain itu blog akan mudah dioptimasi dan bisa mendapatkan trafik organic yang lumayan dari search engine. Meskipun memang ada blog atau web gado gado yang trafiknya juga ngga kalah banyaknya. Tapi jika berbicara mengenai monetisasi untuk blog, blog dengan 1 atau 2 tema saja yang lebih mudah dalam maintenance nya. 


Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan blog yang memiliki 1 atau 2 tema.

1. Pengunjung yang Spesifik
Apabila kita memiliki blog dengan 1 niche maka kita bisa mendapatkan pembaca harian yang setia Kemungkinan untuk berkunjung ke blog kita lagi akan semakin besar karena mereka suka dengan topik blog kita. 

Selain itu pengunjung setia kita bisa memberikan komentar yang membangun setiap ada konten baru di blog kita. 

2. Lebih Mudah Pengerjaannya
Jika kita hanya mengurus blog dengan 1 atau 2 niche saja tentu akan mempermudah kita dalam mengurusnya. Pekerjaan membuat konten akan terasa ringan karena kita menulis apa yang kita sukai. Kita pun tidak terbebani dengan tema yang banyak dan malah justru menyusahkan kita nantinya. 

Kemudian karena kita focus pada topik tersebut tentu akan membuat kita semakin ahli dibidang itu. Bagi para pembaca pun mereka akan menyukai blog kita karena mereka juga bisa mendapatkan konten yang mereka sukai. 

3. Komunitas yang solid
Apabila blog kita focus pada topik bahasan tertentu akan membuat kita memiliki basis komunitas yang luas dan solid. Mereka yang ada di komunitas yang terbiasa dengan konten blog kita tentu akan terus menantikan konten kita yang selanjutnya. Blog pun akan lebih hidup karena akan terjadi saling komentar, memberi masukan dan kritikan yang membangun. 

Di samping itu kita juga akan memiliki banyak teman yang sama-sama memiliki kesukaan yang sama, bukan tak mungkin akhirnya akan menjadi partner kita kelak. 

4. Mudah Memonetisasi blog
Blog yang memiliki topik spesifik akan lebih mudah menghasilkan uang, apalagi jika sangat kuat di SERP. Kita pun memiliki peluang untuk mendapatkan sponsor iklan mandiri dengan begitu uang yang dihasilkan sudah di depan mata. 

Selain iklan mandiri, kita juga bisa mendapatkan uang dari Google Adsense. Iklan yang muncul pun tentu akan lebih relevan dengan topik blog kita yang sudah spesifik. 

5. Optimasi SEO yang lebih mudah
Optimasi SEO pada blog bertopik spesifik akan lebih mudah karena isinya saling memiliki keterkaitan. Dari segi on page SEO nya pun akan sangat kuat. Keyword yang dioptimasi pun akan lebih spesifik dan membuat blog bisa bersaing dengan situs situs besar lainnya. 

Itu beberapa keuntungan blog yang memiliki 1 atau 2 topik saja yang dibahas. Untuk kamu yang sudah memiliki blog dengan 1 atau 2 niche tentu merasakan keuntungan yang sudah saya utarakan di atas kan. 😊 happy blogging

Keuntungan Blog yang Fokus Satu Topik Keuntungan Blog yang Fokus Satu Topik Reviewed by admin69 on Mei 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.