SafelinkU | Shorten your link and earn money

Tips Untuk Menghasilkan Konten Super Setiap Hari

iBlogger.id - Tips Untuk Menghasilkan Konten Super Setiap Hari - Konten bagi sebuah blog adalah hal yang sangat penting, tapi nyawa sebenarnya ada pada si penulis. Blog akan terus berkembang apabila si penulis mampu menghasilkan konten yang super secara konsisten. Bagi penulis ada masa dimana hasrat untuk menulis menggebu-gebu tapi ada masanya pula penulis kehilangan hasrat menulisnya. 


Jika hasrat menulis dan ide-ide untuk membuat konten hilang, alhasil blog menjadi diam ditempat. Lantas bagaimana caranya bisa menghasilkan konten yang super setiap harinya?

Menjadi penulis yang terus belajar.
Untuk menjadi blogger yang sukses yaa tentu harus belajar nulis, belajar mikir, belajar mengekspresikannya ke dalam bentuk tulisan. Selain itu belajar menggunakan bahasa yang baik, pakai bahasa yang non formal pun ngga masalah itu tergantung si penulis juga. Asal bahasanya baik saja. 

Sebelum membuat konten, ada 2 hal yang perlu dipikirkan yaitu strategi konten dan tujuan akhirnya.

Strategi konten
Sebelum membuat blog, buatlah daftar tujuan utama dan konten yang harus ditulis untuk dicapai. Misalnya membuat 400 postingan dan semua postingan tersebut memiliki hubungan satu sama lain.

Tujuan akhir
Tujuannya yaitu untuk menyajikan informasi yang bermanfaat untuk membantu pembaca menemukan solusi dari apa yang mereka cari di mesin pencari. 
Contohnya fokus menyajikan konten yang pembaca bisa langsung temukan, nikmati dan gunakan.


Berikut ini adalah tips untuk menghasilkan konten super setiap hari

1. Lingkungan menulis yang mendukung
Memilih lokasi untuk menulis adalah sangat penting. Pilihlah lingkungan menulis yang mendukung mood menulis kita dengan begitu kita bisa membuang semua alasan yang bisa memperlambat proses menulis. 

Saya sendiri memilih tempat menulis di kamar dengan suara musik ditambah dengan camilan. Juga kalau saya bosan di kamar, saya memilih cafe dan duduk sendiri sambil menikmati dunia saya sendiri menulis konten 😝 

Menulis di tempat yang tepat membuat kita mendapatkan mood yang pas untuk menghasilkan konten yang super 

2. Buat jadwal menulis
Untuk kamu yang bukan ful time blogger, tentu memiliki kesibukan di luar ngeblog. Ada beberapa hal yang menjadi prioritas selain ngeblog, tapi meskipun begitu jangan lantas melupakan waktu untuk membuat konten. 

Jadikan ngeblog sebuah prioritas juga. 

Misalkan di jadwal harian, sisipkan beberapa jam untuk menulis konten blog. Bisa saja 1-2jam saat malam hari ketika sudah tak ada kegiatan lagi. 

Nah jika kamu memiliki waktu kosong diluar jadwal menulis, pakai saja untuk membuat konten. Waktu tambahan tersebut bisa membantu kamu untuk menghasilkan konten baru tanpa adanya tekanan waktu.

3. Jadwal apa yang harus ditulis
Sebuah blog tentu memiliki kategori postingan lebih dari satu. Terkadang jika kita focus pada 1 kategori maka kategori lainnya menjadi terbengkalai. 

Maka dari itu buatlah jadwal “apa yang harus ditulis hari ini?” 

Dengan begitu kita akan memiliki perencaan apa yang akan ditulis selama 1 minggu

Contohnya:
Senin: kategori teknologi
Selasa: kategori blogging
Rabu: kategori sosial media
Kamis: kategori mobile – apps
Jumat: kategori wordpress
Sabtu: kategori apa kek kalo masih ada lagi hehehe

Keika kita sudah memiliki jadwal seperti itu maka akan mempermudah kita mencari referensi untuk bahan menulis hari ini. 

4. Mulai brainstorming
Buatlah garis besar mengenai konten yang akan dibuat. Siapkan sebuah media tulis, entah itu di selembar kertas atau di gadget kalian. Pikirkan benang merahnya selama beberapa menit. 

Mulailah menulis topik bahasannya serta judul kontennya di bagian atas halaman tersebut. Kemudian tentukan poin-poin bahasannya, bisa 3-5 poin utama. 

Pergunakan waktu tersebut untuk menentukan semua ide sebelum membuat konten. Hal ini untuk mempermudah dalam penulisan konten. Poin tersebut sebagai panduan untuk cepat menulis. 

5. Tulis sekarang juga
Kemudian tulislah paragraph pembuka sekitar 100-200 kata dan masuk ke pembahasan tiap poinnya. Sebelum itu baca lagi paragraph pembukanya, baca ulang dan evaluasi apakah ada yang kurang atau ada yang janggal. 

Selanjutnya mulai mengisi setiap poin bahasan. Buatlah 200-300 kata untuk tiap poin. Nah sebelum masuk ke poin selanjutnya, bac alai dan evaluasi kalimat bahasan pada poin tersebut. Baru masuk ke poin kedua dan seterusnya. 

Jika semua poin sudah terisi maka sudah didapatkan konten sepanjang 700-900 kata. Konten tersebut sudah baik untuk SEO

6. Penyempurnaan
Setelah konten tersebut jadi, lakukan penyempurnaan lagi. Luangkan waktu 10 menit untuk membaca lagi dan mengevaluasi konten. Cari bagian yang kurang pas lalu perbaiki. 
Setelah itu kita bisa menyisipkan beberapa judul konten lain serta linknya yang masih relevan ke dalam konten baru ini. 

7. Optimasi!
Setelah menyelesaikan penulisan konten yang super ini, tahap terakhir adalah optimasi. 
Untuk tahap optimasi ini lakukan tahapan berikut ini
Sisipkan gambar pada konten yang bisa menarik minat pembaca
Jika menggunakan Wordpress, gunakan SEO by Yoast untuk menilai konten dari segi SEOnya. Kemudian berikan sedikit perbaikan berdasarkan saran dari Yoast

Kemudian langsung saja POSTING

8. Final, bagikan!
Setelah konten diterbitkan, segera bagikan. Kan percuma bikin konten super tapi ngga dishare ke sosial media misalnya. 

Selain share ke sosial media juga lakukan perayapan menggunakan Google Webmaster dan Submit URL to Google. Kedua tools tersebut membantu konten kita lebih cepat terindeks di Google.

Bagaimana jika mentok ngga tau mau menulis apa?
Wajar ketika penulis mengalami masa-masa dimana ide, hasrat buat nulis menjadi hilang, apalagi abis putus cinta makin sarat lagi idenya. Untuk memunculkan ide dimasa masa sulit itu perlu melakukan aktifitas pemicu ide, diantaranya sebagai berikut 

  • Baca konten di blog lain yang tidak berhubungan, membaca konten inspiratif atau lucu
  • Jalan-jalan kek, atau nonton film gitu. Jangan stress gara-gara mikir ide nulis terus-menerus. Butuh waktu buat rileks juga. 
  • Mandi, jangan salah karena saat mandi kadang bisa dapet ide baru.


Nah itu adalah beberapa tips untuk menghasilkan konten super setiap hari. Ingat ya buat konten yang memang sejalan dengan minatmu, jangan memaksakan diri buat menulis di topik yang bukan minatmu hanya sekedar untuk mengejar trafik atau apalah. 

Karena kebanyakan blogger yang sukses, di topiknya masing-masing, mereka menulis apa yang mereka minati. Makanya blog mereka isinya super super 😝 dan idenya ngga abis abis

Tips Untuk Menghasilkan Konten Super Setiap Hari Tips Untuk Menghasilkan Konten Super Setiap Hari Reviewed by admin69 on Mei 02, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.