SafelinkU | Shorten your link and earn money

5 Strategi Untuk Membuat Konten Menjadi Viral di Era Digital

iBlogger.id - 5 Strategi Untuk Membuat Konten Menjadi Viral di Era Digital - Di era digital seperti sekarang, banyak perubahan terjadi dalam dunia bisnis. Salah satunya yaitu proses komunikasi atau penyampaian pesan yang tak lagi satu arah, namun menjadi dua arah. Pemasaran konten melalui media digital pun merupakan gelombang baru dalam dunia digital. Hal ini karena cara tersebut sangat efektif, cara ini juga bisa cepat diimplementasikan dan cukup terjangkau untuk dilakukan.

Menurut riset dari Demand Metric, pemasaran konten melalui media digital biayanya 62% lebih rendah jika dibandingkan pemasaran tradisional dan juga bisa meningkatkan tiga kali lipat prospek.

5 Strategi Untuk Membuat Konten Menjadi Viral di Era Digital
Fenomena Om Telolet Om yang viral di Media Sosial

Lalu, bagaimana seorang pemasar menyusun strategi pemasaran konten supaya menjadi viral dalam rangka membantu bisnis dan klien mendapat perhatian lebih banyak dari calon pelanggan?

Salah satu syarat supaya rencana pemasaran konten menjadi sukses yaitu mempunyai tujuan yang bersinergi dengan keseluruhan strategi pemasaran. Adanya tujuan pemasaran konten bisa membantu strategi tersebut menghasilkan yang terbaik.

Tujuan pemasaran konten harus memiliki target obyektif yang menempatkan calon pelanggan berada di pusat strategi.

baca juga 4 Fungsi Blog dalam Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membuat konten menjadi viral di era digital ;

Identifikasi Kebutuhan Target
Dengan memahami siapa dan apa yang diinginkan oleh target kita adalah penting, hal ini penting karena untuk membangun sebuah konten pemasaran, apalagi jika ingin membuat konten yang viral. Di sinikita perlu mempunyai demografi dan gambaran umum mengenai target kita. Apa yang mereka harapkan, apa yang ingin mereka bada dan apa yang ingin mereka dapatkan, karena berbeda target berbeda juga cara kita menyampaikan isi konten.
Sinergikan tujuan konten dan tujuan perusahaan
Pemasaran konten adalah hal yang sangat penting, terlebih pemasaran mengenai suatu brand atau sebuah bisnis. Kita pun berharap metode pemasaran tersebut dapat menjadi viral untuk semua orang.

Jika berpikir seperti itu, pikirkan lagi.

Menurut Content Marketing Institute, hanya sekitar 9% dari pemasar B2B yang mempertimbangkan upaya pemasaran konten sebagai cara yang efektif. Ini artinya pemasaran konten bukan merupakan metode pemasaran yang cukup efektif.

Minimnya kejelasan antara tujuan organisasi dan tujuan pembuat konten atas terjadinya ketidakefisienan dari hasil pemasaran konten. Maka, yang perlu di-ingat adalah, menciptakan konten yang memiliki tujuan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Sederhanakan Tujuan ke Langkah yang Terukur
Pada setiap tujuan pemasaran yang kita buat, tentunya ada proses yang memungkinkan kita untuk mengukur efektifitas dari strategi tersebut. Untuk membuat pemasaran konten dapat diukur, gunakan strategi yang terdokumentasi.

Ahli pemasaran digital, Neil Patel, seorang pemasar konten yang cerdas harus membuat sebuah strategi yang terdokumentasi dengan baik supaya dapat mengukur tingkat kesuksesan dari sebuah kampanye. Strategi yang terdokumentasi dapat diukur dan kemudian dapat dievaluasi, sehingga dapat menggiring pada keputusan yang cerdas dan lebih baik juga.

baca juga 6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Bagi Maniak Sosial Media

Tetapkan Tujuan
Tujuan kita harus bisa mengakomodasi lebih banyak calon pelanggan lewat pemasaran konten. Cobalah untuk menetapkan tujuan dengan statistik, misalkan seperti membuat blog menarik yang dapat menggaet 20 ribu pengunjung sebulan, 500 pelanggan email, 50 leads seminggu, atau 12 klien setiap tahun, dan sebagainya.

Adanya penetapan tujuan, akan lebih mudah bagi kita bekerja dan mengambil langkah yang tepat.

“Memahami dan mendefinisikan sukses dalam pemasaran konten adalah bagaimana kita meraih tujuan. Dengan adanya tujuan yang jelas, tim pemasaran konten kita akan mengidentifikasi apa yang saja yang perlu dilakukan,” kata Marc Smith, Pendiri Top 10 Digital Agencies.

Bermakna dan otentik
Pada event Girls in Tech Indonesia, salah satu penulis terkenal bernama Ollie Salsabeela menyampaikan akan pentingnya membuat konten yang memiliki sebuah makna. Setelah menentukan target audiens dan tujuan dari pemasaran konten itu sendiri, sekarang saatnya membuat konten yang benar-benar bermanfaat bagi target tersebut. Sebuah konten atau cerita akan menjadi viral jika isinya memiliki makna dan otentik.

Jadi untuk membuat konten yang viral, selain membuat konten yang unik, berkualitas dan bermanfaat juga membuat strategi pemasaran konten yang pas sesuai dengan target audiens.

Oke sekian dulu ulasan mengenai 5 Strategi Untuk Membuat Konten Menjadi Viral di Era Digital. Semoga bermanfaat 👆😆
5 Strategi Untuk Membuat Konten Menjadi Viral di Era Digital 5 Strategi Untuk Membuat Konten Menjadi Viral di Era Digital Reviewed by admin69 on Juni 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.