SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan * - Pertamina adalah sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang penambangan dan pengelolaan minyak gas bumi di Indonesia. Pertamina sendiri menjadi perusahaan terbesar di Indonesia untuk menyuplai energi. Berdasarkan informasi yang saya cari di internet mengenai sejarah Pertamina ternyata awalnya perusahaan ini bernama Permina yang didirikan pada 10 Desember 1957, namun berubah menjadi Pertamina sejak bergabungnya Permina dan Pertamin di tahun 1968. Pertamina sendiri tidak hanya berkiprah di dalam negeri tapi juga memperluas perusahaannya hingga ke luar negeri.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan bagi masyarakat di Indonesia Semenjak resmi berdiri di tahun 1957. Pengalaman dalam bidang energi selama 59 tahun membuat Pertamina terus meningkatkan kualitas produknya sehingga mampu memberikan bahan bakar yang berkualitas dan juga ramah bagi lingkungan. 

Keadaan lingkungan semakin hari semakin rusak kini menjadi isu global. Pencemaran udara karena polusi kendaraan sangat membahayakan bagi kesehatan diri dan juga bisa menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim. Saat ini di kota-kota besar mulai kesulitan mencari udara yang bersih, mungkin hanya bisa dinikmati saat pagi hari saja. Kendaraan sebagai penyumbang terbesar polusi udara membuat pemerintah gencar menyuarakan penggunaan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Pertamina sebagai perusahaan pengelola minyak bumi dalam menanggapi isu global, permintaan dari pemerintah dan kebutuhan konsumen kemudian membuat bahan bakar yang ramah lingkungan dengan membuat bahan bakar yang berkualitas dan ramah lingkungan. Seakan ingin menjadi 1 solusi untuk kebutuhan bahan bakar di banyak sektor, Pertamina telah meluncurkan berbagai produk untuk menyuplai kebutuhan energi, di antaranya Bright Gas, dan Pertalite. 

Bright Gas.
Bright Gas adalah salah satu varian dari Elpiji Pertamina. Elpiji atau LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan bahan bakar gas pengganti minyak tanah untuk kebutuhan bahan bakar dapur. Jika dibandingkan dengan bahan bakar sebelumnya yaitu minyak tanah, LPG Aman dan lebih bersih karena emisi hasil dari pembakarannya rendah sehingga lebih ramah lingkungan.


Selain itu ada keunggulan yang dimiliki Bright Gas dibandingkan Elpiji Pertamina yaitu mengenai keamanannya. Bright Gas dilengkapi dengan katup pengaman ganda (Double Spindle Valve System) sehingga membuat Bright Gas lebih aman 2x dari kebocoran. Apabila salah satu katup rusak, gas tidak langsung keluar dari tabung tapi masih akan tertahan oleh katup pengaman yang kedua.

Cara penggunaan Bright Gas tidak sulit, karena sudah ada petunjuk penggunaannya berupa stiker yang sudah tertempel di seluruh tabungnya.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Bright Gas tersedia dalam kemasan 12Kg, 5,5Kg dan 220gram. Kemasan Bright Gas berwarna pink hal ini tujuannya selain untuk membedakan dengan LPG Pertamina yang berwarna hijau, juga untuk memberikan kesan ceria.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Bright Gas berukuran 12Kg dapat menjadi solusi kebutuhan energi bagi rumah tangga dan rumah makan. Hadir dengan 2 pilihan warna, yaitu pink dan ungu akan memberikan kesan ceria di dapur kita. Bright Gas ini dilengkapi dengan katup pengaman ganda, sehingga akan lebih aman penggunaannya.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Selain ukuran 12Kg, Bright Gas juga memiliki LPG ukuran 5,5Kg. Ukuran 5,5Kg ini lebih praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Bright Gas Hemat karena dengan harga jual isi ulang yang ditawarkan sebesar Rp 57.500/tabung*) untuk daerah Jawa & Bali, dan Rp 62.000/tabung*) untuk daerah Kalimantan.

Untuk memastikan keamanan dan keasliannya, Bright Gas 5,5Kg juga dilengkapi dengan katup pengaman ganda dan segel berupa hologram bertuliskan “PERTAMINA” dan “LPG”. Hologram ini menggunakan teknologi Optical Color Switch, yaitu warna hologram akan terlihat berbeda jika dilihat dari sisi yang berbeda. Selain itu juga dilengkapi dengan QR Code yang memungkinkan konsumen untuk melakukan pemindaian yang akan memberikan informasi lokasi di mana Bright Gas 5,5 kg tersebut diisi.

Selain itu untuk memudahkan konsumen, terutama ibu rumah tangga, Bright Gas juga memiliki layanan Bright Gas Layan Antar. Layanan ini bisa digunakan dengan telpon agen/toko/outlet langganan  kita dan juga bisa melalui Contact Pertamina 500-000. Bright Gas maksimal diantar 3 jam setelah pemesanan pada jam operasional kerja pukul 07.00 – 17.00. Biaya layan antar ini tidak mahal, maksimal hanya Rp. 8.000 per tabung.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Bright Gas berukuran 220gram adalah salah satu varian yang diluncurkan sebagai solusi bahan bakar yang sangat membantu kita saat bepergian, misal membawa kompor gas mini saat mendaki gunung, atau saat kamping. Selain itu juga ada layanan antar melalui Contact Pertamina 500 000 dengan minimal pembelian 12 pcs. Bisa juga didapatkan di SPBU, Indomaret, dan Outlet Modern lainnya.

Lengkapnya varian Bright Gas, spesifikasi dan fasilitas yang disediakan membuat Bright Gas menjadi solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Selain bahan bakar gas, Pertamina juga memproduksi bahan bakar minyak dengan berbagai varian, salah satunya Pertalite.


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Masyarakat menginginkan bahan bakar yang berkualitas yaitu beroktan tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Namun pada nyatanya, harga bahan bakar beroktan tinggi yaitu Pertamax cukup dirasa mahal bagi sebagian konsumen di Indonesia. Hal itu membuat konsumen bertahan menggunakan Premium yang beroktan rendah, padahal penggunaan bahan bakar beroktan rendah menyebabkan pembakaran tidak sempurna yang berakibat pencemaran udara, selain itu bahan bakar beroktan rendah membuat mesin tidak terawat dengan baik.

Padahal sebenarnya, alasan mengapa harga bahan bakar beroktan tinggi memiliki harga yang tinggi adalah karena kesepakatan internasional dalam menetapkan harga, bukan karena mahalnya proses konversi bahan bakar.

Dari latar belakang hal tersebut, Pertamina kemudian meluncurkan Pertalite untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan bahan bakar berkualitas beroktan tinggi yang ramah lingkungan namun dengan harga yang terjangkau.

Pertalite adalah salah satu BBM Berkualitas Pertamina yang terbaru, dengan nilai oktan RON 90. Bahan bakar ini lebih baik pembakarannya bagi kendaraan jika dibandingkan Premium dengan RON 88. Pertalite sesuai untuk digunakan kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multi purpose vehicle ukuran menengah.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Ada beberapa kelebihan Pertalite jika dibandingkan bahan bakar Pertamina yang lain (Pertamax dan Premium)

1. Ketahanan
Bahan bakar Pertalite telah memenuhi syarat dasar ketahanan, yang artinya penggunaan bahan bakar Pertalite ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada mesin. Hal ini karena kandungan oktan pada Pertalite RON 90 lebih cocok dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan bermotor yang beredar di indonesia.

Penggunaan Pertalite juga bisa mencegah proses korosi dan pembentukan deposit di dalam mesin karena Pertalite mengandung zat aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air.

Zat ecosave pada Pertalite adalah formula aditif buatan Pertamina. Zat tersebut mengandung sejumlah formula, antara lain detergency yang fungsinya sebagai pembersih bagian dalam mesin, corrotion inhibitor atau pelindung karat, dan demulsifier yang bisa menjaga kemurnian bahan bakar. Zat aditif ini ternyata dapat menghemat penggunaan bahan bakar sebesar 2-3 persen, tergantung kondisi pemakaian.

2. Performa
Jika dibandingkan dengan Premium RON 88, Pertalite memberikan performa yang lebih karena memiliki nilai RON 90. Sehingga kendaraan memiliki tarikan yang lebih enteng.

3. Emisi yang lebih ramah lingkungan
Pertalite menjadi BBM Ramah Lingkungan, hal ini karena nilai RON 90 dimana hasil pembakarannya akan lebih sempurna sehingga emisi yang dihasilkan ramah lingkungan.

4. Harga
Pertalite yang berada di kelas menengah antara Premium dan Pertamax menjadikannya sebagai BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau. Bisa dibandingkan harga Premium RON 88 Rp 6.550, Pertalite RON 90 Rp 6.900 dan Pertamax RON 92 Rp 7.400. Kita bisa mendapatkan bahan bakar dengan oktan tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini adalah spesifikasi Pertalite


Pertalite juga merupakan sebuah program konversi dari Premium ke Pertalite. Pertalite yang memiliki RON 90 cocok digubakan pada mesin yang mempunyai kompresi 9 sampai 10 banding 1, jika di atas itu disarankan untuk menggunakan RON 92. Di Indonesia sendiri, umumnya sepeda motor yang beredar di Indonesia berada pada rentang mesin 7-11,5.

Pertamina sendiri menyesuaikan karakter Pertalite dengan populasi kendaraan bermotor di Indonesia. Kompresi Mesin 9:1 sampai 10:1 adalah yang terbanyak di Indonesia. Itulah sebabnya banyak konsumen yang cocok menggunakan Pertalite.

Tingkat kandungan oktan pada bahan bakar adalah hal yang sangat penting, karena semakin tinggi nilai oktannya maka tingkat efisiensi pembakannya juga semakin tinggi. Hal ini membuat bahan bakar tidak terbakar sebelum waktunya, sehingga lebih irit.

Apabila mesin menggunakan BBM beroktan rendah maka kompresi dan suhu yang tinggi akan membuat bensin terbakar lebih awal sebelum dipantik busi. Hal ini akan berefek mesin menjadi tidak bertenaga dan konsumsi BBM lebih banyak.

Dengan keunggulan tersebut menjadikan Pertalite sebagai bahan bakar yang berkualitas dan juga ramah lingkungan. Bahan bakar tersebut pun sudah cocok untuk kendaraan di Indonesia, sehingga tak perlu takut mesin menjadi rusak.


Pertamina Solusi BBM Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Sekian artikel mengenai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Semoga bermanfaat yaa....


Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id
Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Jual Peralatan Makan Terlengkap dan Termurah di Melaminemall.com
Rental Mobil Malang di NAYFA Trans
Green Pramuka City
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Reviewed by admin69 on November 16, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.