SafelinkU | Shorten your link and earn money

Peringatan Keras Google Terhadap Kontes SEO

iBlogger.id - Peringatan Keras Google Terhadap Kontes SEO - Sebenarnya kontes SEO merupakan kegiatan yang dilarang oleh Google. Salah satunya adalah peringatan  yang disampaikan Google tentang Kontes SEO yang marak di Indonesia:

Sejak beberapa waktu yang lalu #Google#Search Quality telah mengamati kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) [http://goo.gl/7tTe6 ]. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para #webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi [http://goo.gl/sGoku ].
Kaspar Szymanski

Pada awalnya SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari ditujukan untuk meningkatkan online visibility sebuah situs yang memiliki kata kunci tertentu. Search engine dalam hal ini yaitu google yang menjadi sasarannya karena hampir semua pengguna internet menggunakan Google dalam mencari informasi dengan kata kunci tertentu.

Peringatan Keras Google Terhadap Kontes SEO

Kemudian dalam perkembangannya SEO ini dibuat menjadi sebuah perlombaan. Awalnya untuk mencari tahu siapa webmaster yang paling ahli melakukan optimasi kata kunci. Kata kunci yang diperlombakan biasanya kata kunci non riil alias tidak ada kaitannya dengan dunia nyata seperti: “Sulumits Retsambew”, “redscowl bluesingsky“, “Oes Tsetnoc”, “loquine glupe“,  “Gogo2011 Kobamusaji”.

Di sisi lain, kontes SEO juga digunakan untuk memasarkan produk atau jasa tertentu. Penyelenggara kontes SEO biasanya memberikan hadiah yang cukup besar adn menggiurkan. Sebagai penyelenggara, mereka akan mendapatkan publisitas gratis, backlink dari banyak peserta dan tentu mendapatkan SERP yang baik.

Nah di pihak peserta kontes SEO, mereka berupaya mati-matian untuk mengoptimasi keyword yang sedang diperlombakan. Kata kunci yang dioptimasi tidak jauh jauh dari produk atau jasa yang ditawarkan penyelenggara kontes. Tidak jarang cara-cara spam dan black hat digunakan untuk kegiatan ini. Itu sebabnya Mas Wiki menulis demikian tentang kontes SEO:

This type of contest is controversial because it often leads to massive amounts of link spamming as participants try to boost the rankings of their pages by any means available.

Inilah yang perhatikan oleh Google, terutama di Indonesia ketika kontes SEO belakangan ini sedang marak. Google menyatakan bahwa kontes SEO dengan kata kunci non riil seperti: “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” melanggar TOS Google Webmaster. 

Mengapa Kata kunci non riil tidak diperbolehkan dalam sebuah kontes SEO ? Karena kata kunci tersebut memiliki potensi yang besar menyesatkan para pencari informasi, hasil yang didapatkan terkadang tidak ada hubungannya. Ambil contoh kata kunci “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia”.


Misalkan Pak Ahmad mau membeli mobil dan search di Google dengan kata kunci “mobil terbaik untuk keluarga kecil” tentu hasil pencariannya dipengaruhi oleh kata kunci dari kontes SEO.

Mengingat bahwa para peserta yang mengoptimasi kata kunci tersebut ada ribuan orang. 

Gak percaya? 

Coba saja kamu Googling kata kunci “mobil terbaik untuk keluarga kecil” , maka hasil pencariannya tidak akan jauh-jauh dari hasil kata kunci “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” !

Nah bayangkan apabila hasil penelusuran ini mendominasi dari halaman 1- 10 dan semuanya bercerita tentang kehebatan sebuah mobil merek tertentu saja. Tentu saja mindset konsumen bisa terpengaruhi hanya gara-gara kata kunci tersebut. Dari hal tersebut Google tidak ingin hal yang seperti ini mendominasi hasil pencarian di laman mereka.

Saran Google adalah:
  1. hindari kontes SEO yang melanggar TOS Google Webmaster Guidelines
  2. penyelenggara kontes SEO tidak boleh menggunakan kata kunci non riil
  3. gunakan teknik-teknik white hat SEO untuk optimasi
  4. tidak menggunakan segala cara terutama yang diharamkan Google (webspamming)
  5. selengkapnya tentang Google Webmaster Guidelines, klik disini


Jadi apakah sebenarnya kontes SEO itu dilarang?

Tidak.

Asalkan kontes SEO tersebut berada di jalur yang diinginkan Google. 

Tapi pasti ada saja penyelenggara kontes SEO yang coba-coba melanggar TOS Google. Maka dari itu perhatikan baik-baik kontes SEO apa yang akan kamu ikuti jika tidak ingin ada masalah dengan Google 😆


Peringatan Keras Google Terhadap Kontes SEO Peringatan Keras Google Terhadap Kontes SEO Reviewed by admin69 on Desember 19, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.