SafelinkU | Shorten your link and earn money

Cara Membuat Review Produk yang Menarik dan Informatif

iBlogger.id - Cara Membuat Review Produk yang Menarik dan Informatif - Membuat tulisan review produk tidak selalu berarti job review bayaran, ada juga blogger yang memang dengan suka rela membuat review sebuah produk karena memang menyukai atau tidak menyukai dengan produk tersebut.

Cara Membuat Review Produk yang Menarik dan Informatif

Kita biasa menemui review terkait produk sehari-hari, gadget, tempat wisata hingga tempat kuliner yang enak. Jadi intinya sebuah tulisan review itu adalah tulisan yang menceritakan sebuah produk atau jasa dari berbagai sudut. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi hingga membujuk orang lain untuk menggunakan produk yang sama.

Tulisan review produk harus memiliki pengaruh terhadap pembaca, jika produk tersebut berkualitas berilah informasi apa saja keunggulan produk itu dari produk lain, namun jika produk tersebut tidak berkualitas  jujur saja dengan kelemahannya.

Lalu bagaimana cara membuat review produk yang menarik dan informatif? supaya bisa memberi pengaruh kepada pembaca

Berikut ini ada beberapa poin penting yang bisa dijadikan penuntun untuk membuat review produk yang menarik dan informatif


Deskripsi lengkap produk 
Untuk memberikan gambaran yang jelas, kita sertakan deskripsi lengkap mengenai produk tersebut. Misalnya seperti dimensi ukuran produk, fitur lengkap produk, kandungan apa saja yang dimiliki produk, hingga bagaimana kemasan produk tersebut.

Selain itu kita bisa memberikan informasi seperti dimana bisa membeli produk tersebut, keunggulan produk, dan juga harapan kita akan produk tersebut sebelum kita memakainya.

Misalnya seperti review Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman ini, disitu saya menyertakan dengan lengkap fitur-fitur apa saja yang dimiliki mobil Nissan X-Trail sehingga bisa menjadi mobil paling tangguh dan nyaman untuk digunakan. 

Gambar atau video produk
Tampilkan juga gambar produk, kalau ada videonya juga. Foto ini untuk memberikan gambaran yang semakin jelas kepada calon pembeli tentang produk tersebut. Foto yang dipasang harus bisa menampakan secara keseluruhan dan foto-foto yang detail. Intinya adalah bagaimana foto-foto produk yang kita tampilkan bisa membantu pembaca untuk bisa membayangkan bagaimana bentuk fisik produk walaupun mereka tidak bisa secara langsung memegang produk secara langsung

Selain itu kalau bisa membuat video review, sertakan juga. Konten review produk kita pun akan semakin menjadi interaktif.

Deskripsi pengguna
Deskripsi pengguna ini adalah bagian kita untuk menjelaskan siapa saja yang seharusnya menggunakan produk tersebut. Apakah produk tersebut cocok digunakan untuk kalangan remaja, orang tua, wanita karir dan sebagainya.

Misalnya ini, review saya mengenai Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id , dalam review tersebut saya juga mendeskripsikan siapa saja yang cocok menggunakan forum tersebut, tentunya orang-orang yang bergerak dalam bidang pertanian. 

Berikan bukti
Nah bukti yang bisa kita berikan bisa dari sisi pembuktian kualitas produk, bukti bahwa produk tersebut laris di pasaran, dan bukti hasil setelah kita menggunakan produk tersebut. Misalnya saya mereview hunian Green Pramuka City Jakarta dan memberikan bukti bahwa nilai investasi di apartemen tersebut setiap tahunnya meningkat sehingga sangat menguntungkan sebagai investasi.

Sebuah review produk akan nampak palsu ketika kita tidak memberikan bukti. Pembaca pun akan berpikir bahwa review yang kita buat hanya karena pesanan saja, sekedar iklan, sehingga tulisan review produk hanya memberikan informasi yang manis manis saja tanpa bukti. Maka dari itu, lebih baik sebelum membuat tulisan review, kita sendiri memang sudah mencoba produk tersebut. Sehingga tulisan yang kita buat berdasarkan pengalaman kita sendiri. 

Kekurangan produk
Selain menceritakan kelebihan dan manfaat produk tersebut, apabila ditemukan kekurangan selama menggunakan produk tersebut maka tuliskan saja. Namun perlu diperhatikan bahwa menuliskan kekurangan produk adalah hal yang sangat sensitif sehingga harus berhati-hati. Ulas kekurangan produknya disertai dengan saran yang membangun dan kata-kata yang tidak menyinggung.

Hal ini perlu diperhatikan karena tak semua orang (produsen produk) bisa menerima kritikan produknya. Malah bisa jadi kita dianggap melakukan black marketing pada mereka yang bertujuan untuk menjatuhkan branding mereka. Kemudian bisa saja kita dijerat UU ITE yang sudah berlaku.

Namun produsen yang bisa menerima kritikan juga banyak. Malah jika kita bisa memberikan kritik yang membangun kita akan dinilai sebagai pengguna yang sangat detail dan obyektif.

Ajak pembaca
Berikan ajakan kepada pembaca untuk mencoba produk tersebut atau untuk membuat tulisan review produk tersebut. Berikan beberapa alasan mengapa pembaca harus mencoba produk tersebut. Kata kata yang rapih kita bisa memberikan sebuah pengaruh sehingga pembaca akan menjadi penasaran hingga akhirnya pembaca membeli produk tersebut. 

Nah itu adalah Cara Membuat Review Produk yang Menarik dan Informatif supaya bisa menghasilkan tulisan review yang terlihat natural, bukan pesanan sponsor.
Cara Membuat Review Produk yang Menarik dan Informatif Cara Membuat Review Produk yang Menarik dan Informatif Reviewed by admin69 on Januari 19, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.