SafelinkU | Shorten your link and earn money

7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif

iBlogger.id - Menjadi penulis blogger merupakan sebuah peluang bisnis, karena dengan menulis dan bantuan internet sudah bisa menghasilkan uang, terlepas topik apa yang kamu tulis. Sebenarnya banyak cara mendapatkan uang dari internet selain menjadi penulis blogger. Namun dari sekian jenis bisnis online, menjadi penulis blogger cukup mudah yaitu hanya bermodal niat menulis, koneksi internet, sebuah blog, dan strategi memprosikan blog. 

Meskipun terbilang mudah, pada kenyataannya banyak blogger yang putus di tengah jalan. Kendala yang dialami beragam, mulai dari kehabisan ide, kejenuhan, malas, terutama bila trafik blog tidak mengalami peningkatan, dan sebagainya.

7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif


Menjadi seorang blogger harus memiliki produktivitas tinggi. Ada 2 tipe blogger, yaitu yang update setiap hari (mikir keras nyari ide) namun biasanya kontennya tidak terlalu panjang, ada juga yang jarang (bisa sebulan cuma 2-4 kali aja) update tapi sekalinya update kontennya lengkap karena ngebahas sampai ke akar akarnya. 

Nah berikut ini adalah bagaimana caranya menjadi penulis blogger yang produktif terlepas dari sering atau jarangnya update.

1. Pastikan menguasi topik yang akan ditulis
Menjadi seorang penulis di blogger dituntut untuk menguasai topik sesuai dengan tema blog yang kamu dirikan. Singkatnya, kamu harus mampu menyajikan konten yang berkualitas berdasarkan topik yang kamu pilih.

Misalkan, kamu menguasai tentang fotografi, maka kuasailah ilmu ilmu fotografi supaya kamu bisa membahasnya dengan lengkap dan informatif. Sehingga pembaca mendapatkan informasi yang mereka cari. Di sisi lain kamu tidak akan kehabisan ide, kamu mempunyai banyak hal yang ingin dibahas karena kamu menguasai topik itu.

baca juga 7 Tips Blogging Untuk Pemula

2. Selesaikan pekerjaan yang memang harus diselesaikan
Untuk sebagian orang, ngeblog adalah sebagai hobi. Tentunya kamu memiliki pekerjaan utama, maka dari itu kamu harus bijak dalam membagi waktumu. Selesaikan terlebih dahulu pekerjaan utamamu baru ngeblog. 

Saya sendiri saat ini sedang dalam masa kuliah dan tugas tugas juga banyak sehingga beberapa waktu lalu sempat vakum sebentar. Tapi saya lebih memilih mengutamakan menyelesaikan tugas baru ngeblog. Untuk mengatasinya kamu sendiri harus melatih diri untuk mengutamakan kerjaan utama, seperti saya misalnya ngerjain tugas praktikum dulu. Setelah benar benar tuntas baru ngurus blog.

7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif


Mengapa mendahulukan yang penting ? 
Karena ketika semua tugas / pekerjaan utama sudah selesai, kamu punya waktu bebas untuk melakukan hal apa saja termasuk bebas ngeblog. Beda kalo kerjaan utama tidak tuntas, ngeblog rasanya seperti dibayang banyangi tugas, jadi ngga tenang. 

Kunci supaya menjadi blogger yang produktif :
buatlah skala prioritas, dan segera selesaikan hal-hal prioritas kamu.

Dengan adanya skala prioritas itu bisa memudahkan kamu memilah kegiatan mana yang benar benar harus segera diselesaikan. 

3. Sempatkan membaca 
Buku adalah jendela ilmu, yaa itu memang benar. Tapi sekarang membaca tidak hanya di buku, kamu bisa membaca dan mendapatkan informasi melalui internet. Luangkan waktu sebentar untuk membaca, entah membaca buku atau membaca di internet. Kegiatan membaca ini bisa menambah wawasan dan dengan bertambahnya wawasan maka kamu mudah dalam membuat bahasan di blog mu. 

4. Cari suasana yang pas
Segala gangguan yang memecah konsentrasi saat menulis adalah pembunuh produktivitas sebagai seorang blogger. Terutama ketika kamu tengah mencari cari informasi, laluu ada gangguan bisa berupa internet mati, listrik mati, ada notifikasi sosial media dsb. Untuk itu ketika sedang menulis, matikan semua notifikasi.

7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif


Selain itu tempat yang nyaman juga perlu diperhatikan. Jangan menulis di area ruang keluarga misalnya, biasnya di ruang keluarga cukup ramai dan bisa mengganggu konsentrasi menulis. Konektivitas internet juga perlu diperhatikan, misalkan mencari spot yang tidak terlalu ramai sehingga akses browsing mu nyaman.

Intinya adalah kamu harus menentukan sendiri waktu dan tempat yang membuat diri mu sendiri bsa fokus untuk menulis. Karena hal ini bisa membantu mu dalam meningkatkan produktivitas dalam menghasilkan konten

5. Perencanaan dalam menulis
Sebelum memulai menulis buatlah kerangka penulisan terlebih dahulu supaya kmu memiliki gambaran tentang apa yang mau kamu tulis. Seperti contohnya pada konten Langkah Tepat Mempromosikan Konten Blog dengan Efektif

Pada tulisan tersebut saya berencana membuat konten dengan lebih dari 2000 kata mengenai langkah apa saja yang harus dilakukan supaya mempromosikan konten tersebut menjadi efektif. Untuk itu saya membaginya dalam 7 pokok bahasan. Nah pada setiap pokok bahasannya itu saya bahas kembali dengan terperinci. Dengan cara ini saya lebih enak dalam membuat konten yang terstruktuk dan rapi.

Jangan dibuat ribet
Munkign terdengar sedikit ribet ketika harus membuat perencanaan, "kan lebih baik langsung nulis aja" mungkin begitu pikir mu. Jangan dibuat ribet, cuma perlu 5 menit saja untuk membuat kerangka penulisan. Toh pada akhirnya kerangka ini akan membuat mu lebih mudah untuk menulis

Menemukan ide adalah bagian tersulit dalam proses menulis, nah perencanaan dengan kerangka ini setidaknya bisa menyediakan, merangkai beberapa pokok bahasan yang akan membuat proses penulisan jauh lebih mudah, karena kamu akan memiliki gambaran seperti apa tulisan mu pada akhirnya.

Apabila tidak mencapai jumlah kata yang kamu capai, bisa juga dengan menambahkan sub bahasan pada pokok bahasan yang ada dengan banyak detail. Itu cuma variasi, jadi jangan khawatir


6. Buatlah jadwal menulis
Ngeblog itu sama seperti pekerjaan lain, kamu perlu menentukan deadline, tapi kapan dan jam berapa harus selesai, semuanya terserah kamu. Jika kamu memang mau menjadi blogger yang produktif, maka perlu membuat jadwal kerja. Pilih waktu yang tepat untuk menulis dan jangan biarkan hal apapun bisa menggangu selama menulis.

Berlakulah seperti saat sedang bekerja, apakah bos mu sedang saat melihat kamu bekerja sambil menonton TV ? Tentu tidak, karena tidak fokus
Bos nya ya diri mu sendiri, untuk itu kamu harus tetap fokus dan menyelesaikan penulisan sesuai dengan jadwal yang kamu buat sendiri.

Apakah tergolong dalam blogger tipe "kelelawar" yang sukanya update tiap malam? atau memilih membuat konten di jam 3-5 pagi? atau pas bangun tidur langsung membuat 1 tulisan. Itu terserah pada dirimu .....

Atur waktu yang terbaik, yang penting sekali sudah menetapkan jadwal kapan saat untuk menulis dan kapan waktunya harus selesai, kamu harus menaatinya. Produktivitas kamu sebagai blogger pasti akan meningkat.


7. Tentukan target
Target sama halnya dengan menentukan jadwal dan deadline, sama pentingnya. Jadwal adalah hal yang menentukan kapan saatnya kamu untuk menulis, sedangkan target adalah sesuatu yang menandakan seberapa banyak tulisan yang dihasilkan dalam rentang waktu tertentu.

Apakah ingin membuat tagret 5 tulisan sepanjang 2000 kata tiap minggu ? atau tiap bulan? Atau 10 tulisan dengan 500 kata setiap minggu ?
Itulah target dan tujuan yang harus dikejar. Tentukan target mu dan kerjakan !

Tapi kamu jangan mempersulit diri sendiri, fleksibel merupakan kuncinya. Kalau kamu tidak mampu membuat 5 konten sepanjang 2000 kata setiap minggu , jangan dipaksakan. Untuk itu kamu perlu meninjau ulang targetmu dan sesuaikan dengan kemampuan dirimu sendiri. Nah barulah konsisten melakukan penulisan dan mencapai target tersebut.


Nah itu adalah 7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif. Semoga kamu bisa menerapkannya dan tetap konsisten menjalaninya. Semangat :)
7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif 7 Cara Bagaimana Menjadi Penulis Blogger yang Produktif Reviewed by admin69 on April 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.