SafelinkU | Shorten your link and earn money

Cara Efektif Mengelola Banyak Blog

iBlogger.id - Cara Efektif Mengelola Banyak Blog - Apakah kamu seorang blogger yang memiliki blog lebih dari satu? Kalau iyaa, tentu pernah merasakan jenuh ngeblog terus, kehabisan ide untuk membuat konten, waktu yang tidak ada untuk mengurus blog yang lain, dan sebagainya. 

Cara Efektif Mengelola Banyak Blog

Memiliki banyak blog memang ada baik dan buruknya. Baik, kalau kita bisa mengelolanya dengan baik maka trafik semua blog bisa stabil serta pendapatan kita dari blog tersebut bisa berlipat. Buruknya, yaa itu tadi seperti kehabisan ide, jenuh, tidak punya waktu untuk mengurus blog yang lain misalnya. 

Mengelola banyak blog memang gampag-gampang susah. 

.... saya sendiri mengelola 7 blog seorang diri, saat ini. 
dengan tema yang berbeda beda

Lantas bagaimana cara saya mengaturnya supaya efektif mengelola blog sebanyak itu?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola blog sebanyak itu, simak berikut ini

#1. Buat jadwal update blog
Banyaknya blog yang harus diupdate, tentu harus ada jadwal rutin untuk membuat konten baru. Saya sendiri membuat jadwal 1 hari 1 konten untuk 1 blog bagi 6 blog sekunder jadi selama 6 hari saya update 6 blog itu. Sedangkan 1 blog utama (iBlogge.id) jadwal updatenya bebas. Saat membuat jadwal tersebut adalah hukumnya wajib dilaksanakan.



Kalau jadwal itu ngga dijalankan, pasti kerjaan numpuk

... makin lama makin malas.

Padahal rutinnya update blog itu penting, meskipun 1 konten per minggu, karena dengan begitu blog kita akan tetap nampak segar hhahaha

#2. Luangkan waktu untuk beristirahat
Memiliki banyak blog, apalagi dengan tema yang berbeda tentu akan membuat kita harus banyak membaca lebih banyak, mengolah informasi yang beragam dan banyak mempelajari hal baru.

Setiap minggu usahakan luangkan waktu minimal satu hari tanpa kegiatan ngeblog. Hal ini tujuannya supaya pikiran kita tidak terlalu stres.

Cara Efektif Mengelola Banyak Blog'

Luangkan waktu untuk main game, pergi sama pacar, atau pergi hangout bareng temen temen.

Saya sendiri setiap hari minggu lepas dari kegiatan ngeblog, paling paling cuma cek trafik blog, cek email. selebihnya pergi main, tidur, sama males malesan hahaha. Jadi pas hari kerja senin-sabtu tetep semangat ngeblog

#3. Sewa penulis
Nah cara ini bisa kamu pake kalau blogmu sudah bisa menghasilkan uang lebih, jadi bisa disisihkan sebagian untuk menyewa penulis konten.

Cara Efektif Mengelola Banyak Blog

Tapi kamu juga harus selektif memilih jasa penulis konten, karena apa?

Karena belum tentu gaya penulisannya cocok dengan keinginanmu. Makanya cek dulu hasil tulisan dari si penyedia jasa yang sudah dilakukannya, dari situkamu bisa menilai bagaimana kualitas yang dihasilkan dari si penulis bayaran itu.

Kalau satu ini belum saya lakukan, karena selain belum ada uang yang cukup, saya masih bisa menangani 7 blog itu sendiri hehehe

#4. Buat konten abadi

Apa itu konten abadi?
Konten abadi itu konten yang akan terus dicari sepanjang waktu, bukan musiman. (baca juga Kenali Konten Musiman dan Konten Abadi )


Contohnya?

Konten abadi misalnya cara membuat blog, tips kecantikan, dsb, biasanya berupa tutorial/tips.
Sedangkan konten musiman itu seperti gosip artis, volume pencariannya tidak stabil, hanya di waktu tertentu saja banyak dicari. Pencarian kemudian turun seiring berubahnya tren.

Untuk itu usahakan membuat konten yang abadi....

Nah itu adalah 4 cara yang bisa dilakukan supaya bisa efektif mengelola banyak blog.
Cara Efektif Mengelola Banyak Blog Cara Efektif Mengelola Banyak Blog Reviewed by admin69 on April 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.