SafelinkU | Shorten your link and earn money

Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog

iBlogger.id - Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog - Pernahkah kamu mendengar Google Honeymoon Period ? Mungkin ada sebagian yang sudah mendengar dan ada juga yang belum pernah. Berikut ini akan sedikit dijelaskan apa itu Google Honeymoon Period dan apa efenya bagi blog.  

Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog

Google Honeymoon Period adalah sebuah fenomena yang terjadi pada periode 20-48 jam dimana konten yang baru saja dipublish akan mendapatkan posisi di halaman pertama (page one). 

Biasanya Google memberikan Google Honeymoon Period kepada blog baru atau blog authority supaya mendapatkan posisi tertinggi dalam beberapa waktu di google. Jika tidak segera mengoptimasi konten atau blog yang terkena dampak google honeymoon ini, maka tergeser dan kembalilah posisinya. Namun walaupun optimasi tidak menjamin konten blog tersebut dapat bertahan

Pertamakonten tersebut akan diindeks terlebih dulu oleh Google dan setelah diindeks konten tersebut akan berada di page one Google.

Rumornya, Google Honeymoon Period diberikan kepada blog baru supaya bisa bersaing dengan situs-situs yang sudah berumur dan sudah lama nangkring di halaman satu google



Berapa lama konten baru bisa nongkrong di page one berdasarkan fenomena Google Honeymoon Period ini ?

Apabila persaingan di niche dari konten tersebut biasa-biasa saja maka fenomena Google Honeymoon Period ini bisa berlangsung lebih lama dari periode 20-48 jam. Mungkin konten tersebut bisa berminggu-minggu ada di halaman satu sebelum akhirnya turun lagi karena mengikuti standard penilaian dan indexing konten Google

Berbeda jika persaingan di niche itu padat sekali, maka fenomena Google Honeymoon Period berlangsung hanya 20-48 jam dan mungkin saja bisa lebih singkat mengingat kompetisi yang sangat keras, mungkin sudah menjurus ke cut throat competition, saking ramai marak dan kerasnya niche tersebut. 

Misalnya: making money online dan fashion online merupakan niche yang sangat keras dan persaingannya di atas 500 juta

Ketika fenomena Google Honeymoon Period ini diperhatikan oleh webmasters dan ketika periodenya berakhir, apa yang terjadi? 

Banyak yang mengira jika blog mereka terkena dampak de-indexing atau bahkan mengira masuk Google sandbox. 

Sebenarnya bukan itu. 

Dari kalimatnya saja, Google Honeymoon Period, yaa kan bulan madu engga lama-lama hehehe😀

Yang terjadi sebenarnya adalah posisi konten tersebut sudah dinilai berdasarkan algoritma Google. Jadi akhirnya ditempatkan di tempat yang pantas.

Fenomena Google Honeymoon Period ini juga dimanfaatkan saat mengikuti persaingan yang ketat di berbagai kontes SEO terutama kontes SEO yang durasinya sangat singkat :

Google Honemoon dan Kontes SEO
Google honeymoon tentu ada hubungannya dengan kontes seo. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yang paling dilihat oleh para peserta adalah durasi kontes dan tenggang waktu antara batas pendaftaran dengan penilaian kontes. Nah disitulah para peserta menggunakan teknik ini beraksi. 

Yang paling dicermati disini adalah kontes seo dengan masa waktu yang singkat. Karena efek dari Google Honeymoon Period ini pun cuma beberapa minggu saja dan ketika itu Google juga belum mengindex blog-blog peserta yang sudah disuntik backlink. 

Misalnya saja waktu 1 bulan, nah ini merupakan kesempatan bagus.

Nah khusus bagi pengguna wordpress.com, disarankan untuk tidak mengikuti kontes SEO karena memang blog-blog berbasis wp.com tidak diperkenankan mengikuti kontes-kontes ini. Jika blog kamu adalah blogspot gratisan atau hosting sendiri, juga harus berhati-hati dengan kontes-kontes SEO yang makin marak belakangan.

Bagaimana dengan blog kamu ? Apakah kamu juga mengamati fenomena ini pada konten yang baru saja kamu terbitkan ?

Itu sedikit ulasan mengenai Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat yaa. Ada pertanyaan? silahkan komentar.
Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog Reviewed by admin69 on April 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.