SafelinkU | Shorten your link and earn money

Cerita Sarjana Muda Nyari Kerja

iBlogger.id - Halooo blogger! Balik lagi buka blogger, kira-kira udah 4 bulanan ngga buat postingan baru (juga di beberapa blog yang lain). Untungnyaa trafik tetap stabil, $$$ juga masih dapetlah dikit2 😜. Jadi beberapa bulan belakangan sempat menghilang dari komunitas apalagi kalo bukan nyari kerjaan tetap di dunia nyata. 

Cerita Sarjana Muda Nyari Kerja
https://www.mediabistro.com/wp-content/uploads/2014/01/find-a-job-before-posted.jpg

Jadi sarjana muda dan punya kerjaan yang ngga jelas, keliatan orang memang agak aneh. 

Masalah kerjaan sebenernya udah nyari sejak Maret pake 2 akun Jobstreet (yang satu domisili Jawa yang satu domisili Kalimantan). Kerjaan yang dilamar juga nyasar kemana-mana (kebanyakan ngga sesuai sama ijazah lah, tp ada juga yang nyambung). Juga ada ngelamar lowongan di Jawa, cuma modal pengalaman di SEO nekat ngelamar di kerjaan yang ngga jauh dari itu, akhirnya ngga ada respon. 😅

Inget omongan mantan yang berkata demikian, " Ya itu terserah kamu, tapi jangan sia-siain ijazah yang udah susah-susah kamu dapetin" kira-kira demikian, (entah dianya inget apa ngga) 😮

Nah abis itu tu sekitar akhir bulan Juni, langsung menebar banyak umpan ke banyak perusahaan yang masih sejalan sama ijazah. Akun Jobstreet domisili Jawa dipake buat ngelamar ke banyak lowongan yang dibuka. Oiya beberapa info lowongan juga saya dapetin dari LinkedIn, di sosmed itu cukup membantu karena info lowongan kerjanya juga banyak. 

Dari sekian banyak posisi yang di-apply, dapet 8 panggilan (yang sesuai ijazah) buat interview😉 (sebenernya ada lagi 3+1, tapi 2 di perbankan 1 lagi di perusahaan transportasi dan itu di kalimantan semua + 1 lowongan palsu 😑) 

Panggilan 1 di Semarang
ngga bisa dateng karena bentrok sama hal lain

Panggilan 2 di Cikarang
sampe tahap wawancara user, tapi ada keceplosan sesuatu malah itu kayaknya yang bikin ngga diterima (padahal kalo masuk enak banget 😏)

Panggilan 3 di Kalimantan 
di perusahaan distributor gitu, yaaa ngga bisa dateng-lah lhaa orang udah di Jawa.

Panggilan 4 di Jogja
Kalo yang ini saya ngga apply tapi malah ditawari, ngga dateng ke interview, karena pas liat gajinya kecil :v

Panggilan 5 di Jakarta
ngerjain psikotes kayak orang ugal-ugalan 😑 gambar orang wae ora proporsional wkwkwk... ngga ada kelanjutan yaa berarti ditolak

Panggilan 6 di Cikarang (lagi)
ngarep juga masuk di situ karena ada hal yang saya sedikit suka, tapi anehnya selesai ngerjain psikotest, selang 2 menit lsg diumumin siapa-siapa aja yang masuk ke tahap wawancara user (pake sistem gugur gitu). Kami yang kena depak mikir, ngapain psikotes kalo gini caranya? Ngapain juga dipanggil kalo seandainya cuman diliat dari hal lain yang sebenernya bisa HRD liat di dokumen waktu apply? Semacam buang waktu + duit 

Panggilan 7 di Jakarta (lagi)
Dapet panggilan dari perusahaan yang berpusat di negara yang pengen saya datengin (negara mana coba ? wkwkwk).
Semacam udah yaaa udah, ngerjain psikotes apa adanya, tes verbal (presentasi skripsi gitu), tes kemampuan bahasa Inggris (apa adanya sudah). Nah trus dari 7 orang kandidat tersisisa 3 buat wawancara HRD + petinggi perusahaannya (sepertinya GM gitu dan setelah masuk kerja ternyata dia direkturnya 😁).  Dari 3 sisa 2, dari 2 sisa 1, dan yang 1 itu saya. Alhamdullilah ya!

Panggilan 8 di Jakarta (lagi lagi) 
Dapet panggilan dari perusahaan yang berpusat di Perancis, yaa akhirnya nolak karena memang udah jadi staff di perusahaan ke-tujuh itu, juga gajinya jauh banget dibanding yang ke-tujuh. 

Cerita Sarjana Muda Nyari Kerja
https://www.jobsoresume.com/wp-content/uploads/2016/03/five-ways-to-job-search.jpg


Hampir kena tipu
Selain itu saya juga pernah ngelamar di salah satu instansi kesehatan dan memang sangat terkenal di Indonesia. Tapi ternyata kebanyakan lowongan yang dibuka dan dipajang di web loker adalah HOAX. 

Pas waktu di Kalimantan sempet ngelamar ke instansi kesehatan itu, tapi yang aneh lowongan itu juga beredar banyak di situs lowongan kerja dengan alamat email yang beda beda (pokoknya aneh deh). Cuma iseng tetep aja tak lamar. 

Selang beberapa hari dapet panggilan interview, tapi interviewnya di cabang Bali !! Ngelamar di cabang Kalimantan tapi interview di Bali ???

Kalo beneran enak sih, bisa sambil nyambangin mantan gitu ... *eh

Dapet balasan email trus juga ada file pdf. Di file pdf itu ada nama-nama peserta interview termaasuk nama saya. Dikasi tau lokasi interview, tgl segala macem.

Tapi ...
Begini modusnya, jadi ceitanya instansi kesehatan tersebut bekerja sama dengan agen travel yang ada di Bali untuk urusan akomodasi (pesawat hotel segala macem). Saya disuruh menghubungi agen travel tersebut, bayar uang akomodasi sendiri trus nanti setelah tiba di Bali uang akomodiasi saya bakalan diganti sama instansi kesehatan itu. 

Saya telfon tuh pihak travel yang ada di Bali, bilang suruh transfer sekian ke rekening sekian, trus tak bilang kalo saya punya temen di Bali mau cek ke lokasi koantor travelnya.....  eh langsung ditutup ....

Jelas udah penipuan itu..... 

Instansi kesehatan apa yag dimaksud? cari tau sendiri yah 

--

Tempat kerja yang sekarang dari segi gaji, tunjangan, fasilitas dan segala macamnya mantab sekali! Tapi sebanding sama beban kerjanya. Sistemnya hampir sama seperti perusahaan lain, sistem percobaan-kontrak-tetap, nah kalo di posisi percobaan udah siip bisa lompat jadi staff tetap. 

Sekarang tinggal performa saya pas kerja aja, semoga bisa lompat langsung ke tetap. Amiin 😇

Buat temen-temen yang nanti bakalan nyari kerja sendiri (tanpa koneksi, tanpa bantuan siapapun) semangat dan banyak doa ya 😁

Toh akhirnya nanti ketemu sama kerjaan yang paling terbaik. 

Yaa itu sedikit-banyak cerita pengalaman nyari kerja. Akhirnya bisa dapet kerjaan dari yang ketujuh dari tujuh peserta itu adalah saya wkwkwk. 
Cerita Sarjana Muda Nyari Kerja Cerita Sarjana Muda Nyari Kerja Reviewed by admin69 on September 07, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.