SafelinkU | Shorten your link and earn money

Tips dan Tools Menulis Konten SEO Friendly

iBlogger.id - Tips dan Tools Menulis Konten SEO Friendly - Jika kamu mempunyai web/blog untuk bisnis, sangat penting bahwa konten dalam web/blog tersebut dioptimalkan dalam hal SEO. Jika situs kamu muncul di halaman utama, situsmu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Apabila tidak ada yang menemukan situsmu, sia-sia saja menuliskan konten berkualitas jika tak ada yang membaca. 

Membuat konten yang SEO friendly dan mengoptimasinya bukanlah hal yang mudah. Ada banyak pemikiran dan pandangan yang dituliskan ke konten supaya memiliki SEO yang kuat. 

Tips dan tools berikut ini akan membantu kamu menulis konten yang tak hanya menarik dan relevan, tapi juga bisa menarik perhatian dan muncuk dalam SERP halaman pertama. 

Tips dan Tools Menulis Konten SEO Friendly


Tips

1. Gunakan Headlines dan Sub-header
Menggunakan headline dan sub-header untuk melakukan optimasi SEO. Pertama, itu membuat tulisan kita lebih relevan dan karena itu lebih mudah dibaca. Pembaca cenderung untuk berbagi hal-hal yang mudah dibaca. Selain itu penggunaan headline dan sub-header dapat meningkatkan saturasi kata kunci.

2. Tambahkan Internal Link
Adanya internal link yang berkualitas di dalam konten dapat meningkatkan validitas situs kita sendiri. Semakin baik linknya, semakin baik pula posisi SERP blog kita. Juga, pakai sumber yang kredibel dalam kontenmu untuk menciptakan kepercayaan dengan visitors.

3. Mengoptimalkan Panjang Konten
Google memberikan prioritas konten dengan panjang kata yang maksimal, namun kalau konten tersebut telalu panjang, kita akan kehilangan visitors. Panjang konten minimal harus 300 kata. Sementara tidak ada batas maksimum, untuk mempertahankan minat visitors, cobalah untuk membuat konten sekitar 700 atau 800 kata. Kepadatan kata kunci harus 1-2% dari total kata. Jadi, dalam sebuah artikel 500 kata, maksimal harus menyertakan 5-10 kata kunci.

4. Pilih Kata Kunci dengan Bijak
Sebelum memulai untuk menulis artikel, tentukan kata kunci apa yang ingin dipakai. Kamu bisa memilih kata kunci berdasarkan hasil pencarian kata kunci yang direncanakan. Ketika kamu mulai menulis, gunakan kata kunci dalam judul, header, tag, dan teks utama.
5. Optimalkan Gambar pada Konten
Gambar adalah hal yang penting untuk membuat konten kamu menarik. Visitors akan lebih memilih mengunjungi blog/web yang memiliki foto menarik dan relevan. Kamu dapat mengoptimalkan foto dengan menambahkan kata kunci ke file gambar. Pastikan untuk juga mengoptimalkan ukuran foto. Gambar yang terlalu besar akan memperlambat loading blog dan memperburuk SEO. Buatlah gambar sekecil mungkin tanpa mengorbankan visibilitas atau kualitas.

6. Membuat Konten yang Shareable
Jadi, saat kamu telah berhasil menulis konten yang SEO-friendly, konten yang bermanfaat, dan konten menarik yang visitors inginkan. Langkah selanjutnya adalah untuk membuatnya dapat dibagikan. Website seperti ShareThis dan AddThis akan membuat konten kamu mudah untuk menambahkan tombol media sosial untuk website sehingga visitors dapat membagikan konten mu dengan mudah.

7. Menulis Konten Berkualitas Tinggi
Yang satu ini harus cukup jelas, tetapi tidak selalu diterapkan. Cara terbaik untuk mendapatkan visitors yang mau dan memberikan respon positif terhadap konten mu adalah dengan menulis konten yang bermanfaat dan menghibur. Search engine akan memberikan reward kepada situs yang memiliki konten kualitas tinggi, konten yang relevan. Kualitas lebih penting daripada semua faktor lainnya.

Setelah kamu memiliki gagasan yang kuat dalam pikiran mengenai bagaimana kamu menulis dan memformat konten, pertimbangkan juga untuk menggunakan beberapa tools berikut untuk menyederhanakan dan meningkatkan proses penulisan. 

Tools

Hemingway Editor ( http://www.hemingwayapp.com/ )
Hemingway Editor adalah tools yang cukup powerfull dan sangat membantu meninjau artikel optimasi SEO. Hemingway Editor bisa menganalisa artikel kamu untuk menemukan dan menyorot kalimat yang sulit atau "sangat sulit," dibaca. Artikel yang sangat mudah dibaca akan lebih sering dibagikan, dan konten yang paling sering dibagikan akan mendapatkan rating SEO yang baik

Read-Able ( http://www.read-able.com/ )
Read-able mirip dengan Hemingway Editor pada kemampuannya untuk menganalisis kontenmu berdasarkan pembacaan. Tapi selain menyoroti kalimat yang sulit untuk dibaca, Read-able juga memberikan skor seberapa tinggi kontenmu bisa dibaca. Skor tersebut memberitahu kamu kelompok umur mana yang dapat dengan mudah membaca kontenmu. 

ESSAY MAMA ( http://www.essaymama.com/ )
Esai Mama menawarkan berbagai layanan menulis. Tim penulis profesional dapat membuat konten SEO friendly untuk situs kamu. Karena hal tersebut benar-benar penting untuk memberikan pembaca kamu konten yang berkualitas, Essay Mama juga memberikan proofreading dan layanan editing.

HELP.PLAGTRACKER ( http://www.help.plagtracker.com/ )
Ketika menulis konten, adalah wajar untuk mengacu ke situs serupa sebagai inspirasi. PlagTracker akan menganalisis konten kamu, menemukan konten yang serupa, dan menggantinya dengan yang format yang baru sehingga menghasilkan konten yang unik. Tool ini juga menjamin bahwa konten mu tidak akan pernah menampilkan konten yang sama dengan web lain.

baca juga 5 Cara Mengalahkan Kompetitor SEO pada SERP

Keyword Density Checker ( http://www.smallseotools.com/keyword-density-checker )
Keyword Density Checker memindai teks atau alamat URL untuk mengetahui berapa kali kamu telah menggunakan kata kunci. Ini sangat membantu jika kamu memiliki konten yang sangat panjang, dan kamu ingin memastikan konten tersebut tidak terlalu banyak menyematkan kata kunci. Seperti disebutkan sebelumnya, kepadatan kata kunci maksimal sekitar 1-2% dari teks.

SEO Optimization ( http://www.internetmarketingninjas.com/seo-tools/free-optimization/ )
Tool optimasi ini bisa menganalisa situs web atau URL alamat dan memberikan kamu sebuah gambaran tentang faktor SEO Optimization. Kamu dapat menambahkan hingga lima kata kunci, dan algoritma akan mencari dan memberitahu kamu seberapa sering setiap kata digunakan.



Sekarang Giliranmu
Mudah-mudahan, kamu telah bisa menemukan poin penting dalam bahasan kali ini. Jika kamu memperhatikan tips dan menggunakan tools yang sudah disebutkan di atas, harapannya kamu akan bisa membuat konten yang SEO friendly.

Pada akhirnya kamu akan belajar bagaimana menulis konten yang seperti apa yang ingin dibaca visitors. Website yang SEO friendly akan mendapatkan lebih banyak trafik, dan trafik berkualitas yang tinggi bisa meningkatkan skor SEO.

Sekian ulasan mengenai Tips dan Tools Menulis Konten SEO Friendly. Apa kamu punya ide-ide lain untuk meningkatkan kualitas SEO? Apakah kamu juga memiliki trik tambahan untuk mencapai hasil SERP yang lebih baik? Silahkan bagikan di kolom komentar 😁
Tips dan Tools Menulis Konten SEO Friendly Tips dan Tools Menulis Konten SEO Friendly Reviewed by admin69 on September 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.