SafelinkU | Shorten your link and earn money

6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Bagi Maniak Sosial Media

iBlogger.id - 6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Bagi Maniak Sosial Media - Pernahkah kamu membayangkan berapa penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang youtuber atau endoser?? Penghasilannya cukup fanstastis, apalagi mereka yang sudah memiliki banyak subscriber yang banyak, bisa mencapai belasan hingga puluhan juta sebulan, bahkan ratusan juta. 

Memang tak bisa dipungkiri bahwa hadirnya sosial media banyak merubah dunia. Sekarang, Facebook atau Twitter sudah menjadi tempat untuk “hang out, sedangkan Instagram dan Pinterest berubah menjadi pusat belanja virtual dengan transaksi besar.

Selain fungsi komunikasi, beberapa kanal ini telah digunakan menjadi alat untuk mencari uang bagi sebagian orang. Faktanya, ada beberapa karir saat ini yang belum eksis 10 tahun lalu, namun menjadi incaran orang saat ini.

6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Bagi Maniak Sosial Media


Apakah kamu seorang maniak sosial media? 

tidak harus sibuk dengan membuat status baru yang tidak penting!

Mungkin kamu bisa mencoba beberapa profesi yang penghasilan cukup tinggi di era dunia yang serba cepat dan terkoneksi ini

Endorser atau buzzer
Endorser atau buzzer biasa disebut social media influencer, mereka adalah orang dengan jumlah pengikut banyak, dan bisa membangun komunikasi dengan audiens serta bisa memberikan pengaruh preferensi mereka terhadap sebuah produk.

Nah untuk bisa menjadi orang yang memiliki pengaruh di sosial media, pertama kamu harus membangun sebuah personal brand dulu. Selain itu ada beberapa keterampilan yang perlu dipelajari antara lain ; ahli dengan beragam platform (Instagram, Youtube, Facebook), kreatif dalam membangun konten yang unik (foto, video, cerita dan lainnya), mampu berinteraksi secara sosial.

Social Media Strategist
Beberapa tahun terakhir, posisi ini merupakan posisi baru di beberapa perusahaan. Mempunyai tugas untuk mengamati tren sosial mediadan bagaimana cara perusahaan supaya bisa mengintegrasikannya ke dalam sebuah strategi bisnis. Posisi ini membutuhkan jam terbang yang cukup baik, mengingat tren di dunia maya sangat dinamis.

Pekerjaan ini juga membutuhkan kemambuan analisa dan algoritma. Beberapa keahlian harus dimiliki yaitu antara lain menyusun strategi sosial media untuk platform yang berbeda, mengembangkan promosi dan interaksi dengan audiens, berkoordinasi dengan ahli lain, misalnya fotografer atau copywriter untuk konten postingan, menganalisa efisiensi dari sebuah kampanye.

Uumnya seorang social media strategist di luar negeri bisa mempunyai gaji 50 ribu dolar, namun untuk perusahaan agensi khusus bisa mengantongi hingga 79 ribu dolar (Rp 1 miliar) per tahun. Cukup menggiurkan bukan?


Konsultan Pemasaran
Mau melangkah lebih jauh dalam karir? Seorang konsultan pemasaran bisa bekerja secara mandiri, atau bekerja di sebuah lembaga konsultan. Seorang konsultan pemasaran harus bisa menyediakan informasi profesional mengenai tren marketing, kanal, dan promosi. Oleh karena itu pengetahuan terhadap sosial media sangat krusial.

Merasa tertarik membantu bisnis orang lain mencapai tujuan, melalui proyeksi pemasaran di Facebook atau Instagram? Mungkin ini bisa jadi pekerjaan yang anda mau.

Konsultan pemasaran memiliki banyak hal yang harus dilakukan seperti riset tren dan pasar dari produk atau jasa klien, memberi laporan detil dan rekomendasi untuk menjalankan rencana pemasaran, menawarkan penambahan produk atau jasa, menelusuri penjualan dan performa dari waktu ke waktu.

Nah untuk penghasilannya sendiri (di luar negeri) rata-rata 57 ribu dolar, bahkan jika karir mu terus naik, sebagai direktur atau manajer, penghasilan bisa menjadi 150 ribu dolar (Rp1,9 miliar) per tahun.

Community manager
Membangun brand online tidak mudah. Itulah mengapa para penggila sosial media terkadang memiliki sebuah batasan, khususnya saat membangun pengikut yang kuat dan loyal. Cobalah untuk mengajukan diri sebagai community manager untuk brand atau bisnis yang kamu minati. Pada dasarnya, kamu akan menjadi wajah perusahaan, menangani berbagai hal dari mulai pemasaran sosial media, kreasi konten, hubungan masyarakat, bahkan relasi ke pelanggan.

Untuk berkarir di bidang ini, ada beberapa keterampilan yang dibutuhkan antara lain: selalu memiliki strategi cerdas untuk masa depan bisnis atau brand, beri jawaban terhadap konsumen, klien, atau media, rencanakan kegiatan di komunitas, menulis blog, newsletter atau bentuk komunikasi lainnya untuk perusahaan. 

Masalah gaji, rata-rata gaji untuk posisi ini berdasarkan pengalaman, antara 48 ribu-73 ribu dolar.

Direktur komunikasi pemasaran
Jika kamu pernah berada di beberapa posisi penting dalam dunia sosial media atau pemasaran digital, posisi Direktur menjadi yang berikutnya dalam karirmu. Posisi ini merupakan kombinasi dari konsultan pemasaran dan community manager. Pada beberapa perusahaan, kamu mungkin akan terlibat dalam pekerjaan seperti, SEO, desain situs web, atau email marketing.

Untuk menjadi Direktur Komunikasi Pemasaran, berikut ini keterampilan yang diperlukan; kemampuan berkoordinasi dengan rekan agensi lain, melihat proyeksi dari analisis data dan mengevaluasinya, membuat dan melaksanakan strategi untuk mendorong pangsa pasar, menyetujui atau tidaknya sebuah rencana pemasaran dan promosi. Penghasilan seorang direktur pemasaran komunikasi sangat variatif tergantung dari pengalaman antara 76 ribu-140 ribu dolar per tahun.

Vice President komunikasi
Siapkah kamu menjadi pimpinan perusahaan? Ya, menjadi vice president departemen komunikasi, bisa membawa pengetahuanmu pada tingkat berikutnya. Kamu tidak lagi harus bergumul dengan para endorser atau buzzer namun juga media massa. Kamu harus bisa mengatur, meningkatkan, dan mempromosikan reputasi bisnis. Kamu benar-benar menjadi wajah brand yang akan direpresentasikan.

Untuk bisa berada di posisi ini, berikut ini adalah beberapa keterampilan yang dibutuhkan; mengembangkan program non profit, membuat, mengintegrasikan, dan mengimplementasikan aktivitas humas untuk pertumbuhan perusahaan, menumbuhkan kesadaran untuk bisnis, mentoring dan mengembangkan para staf.

Jadi siapa bilang bahwa dunia internet tidak bisa menjadi lahan untuk mencari uang. Jika kamu bisa memaksimalkan pengetahuanmu dengan keterampilan yang lebih nyata, dengan latihan serta kesabaran, kamu bisa sukses mendapatkan penghasilan walaupun awanya hanya sebagai maniak sosial media. 
6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Bagi Maniak Sosial Media 6 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Bagi Maniak Sosial Media Reviewed by admin69 on Desember 21, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.