SafelinkU | Shorten your link and earn money

Apa itu Linkjuice dan Bedanya dengan Backlink

iBlogger.id - Apa itu Linkjuice dan Bedanya dengan Backlink - Di kalangan blogger tidak asing dengan istilah linkjuice dan backlink, keduanya adalah dua hal yang berbeda namun memiliki keterkaitan yang tak dapat dipisahkan. Linkjuice bisa digambarkan seperti sebuah kekuatan untuk point yang didapatkan halaman blog yang sumbernya dari link yang masuk, baik dari luar maupun dari dalam blog itu sendiri. 

Layaknya seperti pemungutan suara, banyaknya suara yang didapatkan adalah kekuatan untuk memenangkan pemilu, sama seperti dengan linkjuice semakin banyak sumber linkjuice yang tertuju kesuatu halaman akan semakin meningkatkan peringkat halaman tersebut.

Apa itu Linkjuice dan Bedanya dengan Backlink


Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan link entah itu dengan cara langsung maupun tidak langsung, cara langsung adalah melalui strategi membangun backlink, seperti berkomentar di blog-blog, social bookmarking, dummy blog, social media marketing dan cara yang lainnya dimana kita berusaha menempatkan link menuju blog kita baik melalui blog luar atau blog kita  sendiri. 

Untuk cara tidak langsung yaitu terletak pada usaha kita yang berfokus pada penyajian kualitas isi konten, tanpa kita sadari visitors yang membaca konten yang kita sajikan, dijadikan sebuah referensi oleh mereka dan mereka menempatkan link ke halaman blog kita sebagai sumbernya, link semacam ini bisa disebut backlink natural. 

Kumpulan link yang masuk menuju halaman blog kita itu disebut linkjuice, dan diantara link link tersebut memberikan point yang berbeda, tergantung dari pagerank berapa link tersebut datang.

baca juga Di Luar SEO: Optimasi Perayapan Googlebot


Konsep Linkjuice yang bersumber dari link dofollow?

Kita asumsikan mempunyai dua blog,  blog A dan blog B, misal blog A punya 1 dofollow backlink dan blog B tidak memiliki backlink satupun, blog A akan mempunyai prioritas yang lebih tinggi untuk ditampilakn dihalaman SERP dibanding dengan blog B, karena blog A menerima linkjuice dari link yang berasal dari situs luar yang mengarah kepadanya.

Apa yang terjadi apabilablog B memiliki satu dofollow backlink juga dari luar, lalu manakah yang akan menjadi prioritas di SERP? 

Hal itu tergantung dari sumber linknya, bisa jadi 2 link saja yang mengarah ke blog B lebih baik dari 4 link yang mengarah ke blog A. Jika link-link yang mengarah ke blog A punya link-link yang mengarah keluar blog lainnya selain A.


Untuk memahami kasus diatas kita gunakan hitung-hitungan kasar menggunakan studi kasus seperti dibawah ini:


Linkjuice dari backlink dua arah

Dari gambar diatas, blog O, P, Q dan R mempunyai masing-masing 1 link yang menuju ke blog A, blog O,P, Q dan R juga selain link menuju blog A dia juga punya punya masing-masing 3 Link yang mengarah ke situs lainnya, jadi situs O, P, Q dan R masing-masing punya 4 link yang mengarah ke luar, nilai point yang diberikan blog tersebut ke blog A hanya 25% saja  (100% / 4) ,
dari kasus diatas blog A akan menerima point nilai total sebesar 100% (masing-masing 25% dari O,P,Q dan R).


Coba bandingkan dengan blog B, jika blog B mempunyai link masuk dari 2 blog, sebut saja blog H dan I, link dari blog tersebut menuju hanya pada blog B saja misal masing-masing 1 link, dari kasus diatas, blog B akan mendapatkan point linkjuice sebesar 200%, didapat dari blog H sebesar 100%, dan dari blog I sebesar 100%. 

Kesimpulan dari kasus ini yaitu untuk bisa berada di posisi yang baik di SERP, halaman blog yang memiliki sumber backlink yang berlimpah belum tentu bisa menagalahkan halaman blog dengan sumber backlink yang sedikit, tergantung link seperti apa dan dari mana sumber link tersebut berasal.

Konsep link Juice yang berasal dari link-link nofollow?
Untuk link nofollow yang menuju blog kita tidak akan menambah point linkjuice blog kita, walaupun sumbernya dari situs yang memiliki berpagerank tinggi. Saat ini kita harus hati-hati dalam berinteraksi dengan link nofollow ini, terutama saat kita sedang membangun internal linking (link yang mengarah kehalaman yang lain dalam situs yang sama), karena untuk saat ini walaupun link nofollow yang menuju  keluar tidak dapat berdampak menambah point halaman yang ditujunya, link nofollow yang menuju keluar berarti kebocoran point linkjuice, meskipun link tersebut tidak akan menambah point halaman yang ditujunya.

Kasusnya misal,  dalam satu halaman ada 3 link keluar, 2 link merupakan link dofollow dan menuju blog kita lainnya dalam satu blog yang sama, sedangkan 1 link lainnya merupakan link nofollow dan menuju kehalaman luar blog kita. 

Berdasarkan perhitungan kasar link juice, maka point yang akan didapatkan dari 2 link dofollow untuk blogkita masing-masing hanya 33% (100% /3 ) itu terjadi karena 33% lainnya akan terbuang untuk menggantikan link nofollow yang menuju keluar. 

Itu artinya point link yang didapatkan dari sebuah halaman tempat dimana kita menempatkan backlink di dalamnya adalah hasil bagi oleh sejumlah link yang ada pada halaman tersebut, meskipun link tersebut adalah link nofollow.


Perbedaan linkjuice dengan backlink?
Backlink adalah link yang diletakan di halaman situs lain yang menuju ke blog yang kita miliki sedangkan linkjuice adalah, istilah dari sekumpulan backlink-backlink yang punya andil dalam memberikan point pagerank halaman. Link bisa berasal dari dalam halaman lain dalam satu situs atau halaman diluar situs itu. Untuk kasus linkjuice backlink tersebut harus datang dari backlink dofollow.

Kesimpulan 
Usahakan link yang membentuk linkjuice yang menuju blog kita adalah link yang:
  1. berasal dari artikel yang relevan dengan artikel pada halaman kita.
  2. link dofollow yang bersumber dari situs yang memiliki pagerank yang tinggi.
  3. link dofollow dari halaman yang memiliki konten yang berkualitas.
  4. link dofollow dari Halaman yang muncul pada halaman pertama SERP.
Kita juga harus hati-hati dalam memburu backlink dengan berkomentar pada blog-blog dofollow yang autoaprove. Blog yang seperti itu kemungkinan besar oleh Google terindikasi sebagai blog tidak sehat (spam) dan dibenci google. Dampaknya kepada blog kita yaitu bisa mendapatkan penalty dari google. Jadi cukup selektif ya.

Nah sekian dulu penjelasan Apa itu Linkjuice dan Bedanya dengan Backlink
Apa itu Linkjuice dan Bedanya dengan Backlink Apa itu Linkjuice dan Bedanya dengan Backlink Reviewed by admin69 on Juli 23, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.