SafelinkU | Shorten your link and earn money

Cerita Antara Aku, Blogger dan Domainesia

Tidak terasa perjalanan ngeblog saya sudah 6 tahun lebih. Saat ini pun kebannyakan dari teman – teman saya berkata “enak ya jadi blogger, ngalir mulu duitnya”. Tapi yaa dibalik hasil yang sudah saya tuai saat ini ada cerita berliku-liku pada awal mula belajar dan merintis karir di dunia blogger.




Nah kali ini saya mau membagikan cerita perjalanan ngeblog saya dari awal sampai bisa seperti ini…


2010….
Benih cinta pada dunia blogger

Dimulai saat pertama kalinya masuk ke dunia blogger pada akhir 2010 lalu (jaman-jaman awal SMA). Bermula dari pelajaran TIK (Teknik Informatika dan Komputer) waktu itu dan ada bab mengenai dasar-dasar pembuatan blog. Pas pelajaran itu sudah muncul benih benih cinta :p untuk dunia blog.
Materi yang diberikan di sekolah masih sangat dasar, seperti cara membuat header, body, footer, gimana caranya membuat koneksi antar halaman (alias hyperlink), gimana bikin table di dalem postingan, gimana ngasi background warna atau gambar di header, dll.


Blog pertama saya waktu itu masih menggunakan blogspot gratisan, maklum kan yaa newbie gretongan. Isinya masih random banget, postingan tentang sekolah, materi pelajaran TIK, trafiknya yaa masih temen sendiri hahahaha. Selain itu templatenya masih alay, ampun dah kalo inget …


Nah terus saya belajar lebih dalam lagi cara membuat website sendiri secara otodidak dari blog-blog terkenal mengenai bagaimana cara membuat blog / website sendiri yang lebih “berkelas”, cara edit template blogger, belajar SEO sampai bagaimana mendapatkan uang dari blog.


2011
Berkenalan dengan Domainesia


Selama beberapa bulan belajar membuat blog sampai editing templatenya, dan merasa sudah waktunya untuk naik kelas maka saya putuskan untuk menyewa domain premium. Masih inget banget searching ‘tempat sewa domain murah’ pake computer di lab, referensi tempat sewa domain murah yang menarik cukup banyak, tapi kemudian saya memilih DomaiNesia.


Blog dengan domain premium pertama saya bertema gado-gado (yaaa berita unik layaknya On The Spot gitu).
Di Domainesia saya juga diberi petunjuk bagaimana set up domain dengan blogger oleh CSnya. 


2012...
Monetisasi Google Adsense
Blog pertama saya dengan trafik yang lumayan waktu itu saya daftarkan ke Google Adsense beberapa kali sempat ditolak karena masalah konten, beberapa bulan saya perbaiki lagi dan hasilnya lolos diterima (setelah 3x ditolak xD).


Uang hasil Google Adsense saya gunakan untuk memperpanjang sewa domain di Domainesia. Selama kurang lebih setahun menggunakan domain dari Domainesia dan tak ada kendala maka saya juga menyewa lagi domain kedua.
Blog kedua dengan domain premium selanjutnya juga sama, blog aliran gado-gado.


2013...
Kuliah


Nah ini adalah masa-masa kering saya, karena masuk kuliah. Fokus saya menjadi ke maslah perkuliahan, blog akhirnya ngga keurus. Masuk pagi pulang sore, bikin laporan, praktikum, presentasi, kerja kelompok aaahhh awal kuliah dulu sibuk di darat lah pokoknya. Blog paling diisi 2-3 postingan aja sebulan.


2015...
Jasa web
Selama di perkuliahan selain saya dikenal anak yang pendiem (halaaah) saya juga udah dikenal sebagai blogger. Hampir dua tahun blog diurus ala kadarnya, uang yang masuk pun juga ala kadarnya 0.0 …
 

Nah akhir tahun saya mendapatkan proyek untuk melanjutkan proyek web yang mangkrak dari temen fakultas sebelah, web itu punya komunitas buruh Kabar BUMI. Platform nya apa?? Wordpress!
Pas ditanya “Don, elu bisa nyelesain web Kabar Bumi?” langsung aja saya iyain! Padahal ngga punya basic wordpress.
Alhasil saya minta waktu 2 minggu buat menyelesaikan webnya yang mangkrak. Jadi selama hampir 1 minggu saya belajar wordpress, cara mengatur hosting, instalasi wordpress, template, postingan, dan plugin. Untungnya adalah job yang diberikan tidak terlalu berat karena yang diminta hanya web profil komunitas sederhana.


Karena proyek itu saya kemudian berfikir untuk migrasi ke wordpress……

2016...
Domain.id dan SEO

Awal tahun Domain.id diskon besar besaran, kemudian saya cari info tentang kelebihan domain.id bisa dibaca disini Bangga Pakai Domain ID


nah saya cek di Domainesia saat itu domain.id harganya cuman 15.000 😄😄😄. 
Agak heran dengan harganya, saya coba chat dengan CS Domainesia dan langsung dibalas seketika cepatnya, ternyata itu benar promonya 15.000 untuk 1 tahun pertama. 
CSnya juga menjelaskan dengan lengkap syarat untuk domain.id

Nah terus saya mulai deh nyari domain.id apa yang bagus. Akhirnya nemu deh iBlogger.id 😘 

iBlogger.id yang sampai saat ini menjadi blog utama saya.

Perjalanan selanjutnya adalah tentang SEO. Sebelumnya saya pernah belajar mengenai SEO tapi yaa hanya dasar-dasar ala kadarnya aja. Nah saat itu saya juga lihat postingan di grup Facebook Blogger Indonesia tentang lomba blog SEO. Dari situ langsung saya praktekan SEO blog untuk iBlogger.id

Alhasil saya pernah memenangkan lomba SEO Green Pramuka City, Lomba SEO Nissan, Lomba IMS Logistik, dan Lomba menulis di Bebas Bayar menggunakan iBlogger.id ini.

Selain itu saya juga mendapatkan proyek membuat blog untuk jualan sepatu dan blog untuk jualan beras organik milik teman saya. 

Saya juga menyarankan untuk langsung menggunakan domain premium, dan yang saya rekomendasikan adalah Domainesia (yang sejak 2011 sudah saya percayakan untuk tempat sewa domain premium terpercaya).


2017...
Wordpress
Pada awal 2017 saya berpikir untuk naik ke level selanjutnya, yaitu membuat blog wordpress. 
Domain yang saya gunakan adalah domain .id juga dengan hostingnya di DomaiNesia.

Di Domanesia tersedia hosting untuk pemula  dan saya pilih hosting Lite seharga 10ribu. Hosting ini cocok untuk pemula seperti saya yang sedang belajar blog wordpress.


Cocok untuk pemula karena tersedia 
Instant Deploy, jadi mau install wordpress ataupun apps lain hanya dalam sekali klik saja 😁😁

Blog wordpress itu sendiri sempat tertunda pembangunannya karena sibuk di dunia nyata pertengahan tahun 2017

--
Sampai hari ini saya masih aktif mengelola blog ini dan di ujung 2017 ini sedang membangun blog wordpress yang sebelumnya sempat tertunda itu tadi 😂😂

Yaaa jadi itulah kisah saya di dunia perbloggeran bersama DomaiNesia.
Selama menggunakan layanan domain maupun hosting belum ada kendala yang berarti. 

Juga selamat ulang tahun ke 8 untuk Domainesia. Ditunggu promo dan layanan terbarunya 😁😁

Tags:
domainesia, domain, hosting, hosting domain murah, hosting murah Indonesia, cara membuat blog, cara membuat website.


Cerita Antara Aku, Blogger dan Domainesia Cerita Antara Aku, Blogger dan Domainesia Reviewed by admin69 on November 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.